Polda NTT Kerahkan 1.075 Personil untuk Amankan Ramadhan

by -16 views

Kupang, mediantt.com Demi memberikan kenyamanan kepada umat Muslim di NTT yang merayakan hari raya Ramadhan, Polda NTT mengerahkan sedikitnya 1.075 personil, yang juga melibatkan Polres se-NTT.

Jumlah personil tersebut terlibat dalam operasi pengamanan Ramadhan dan hari raya (Ramadniya) serta dukungan personil dari TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Pol PP, Pemadam Kebakaran, dan lainnya sebanyak 1.400 personil.

Untuk menandai itu, pada Kamis (30/6), dilaksanakan upacara gelar pasulan, juga  penyematan tanda pita biru pada lengan baju dari para personil Ops Ramadniya sebagai tanda dimulainya Ops Ramadniya di lapangan Mapolda NTT.

Kapolri Jenderal Batrodin Haiti dalam sambutannya yang dibacakan Waka Polda NTT, Kombes Pol. Sumartono Joachnan, menjelaskan, pelaksanaan operasi dilaksanakan selama 16 hari yakni sejak 30 Juni hingga 15 Juli 2016, yang difokuskan pada 7 hari sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Ia juga meminta agar para personil Ops Ramadniya bersikap humanis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan suasana kondusif selama perayaan Idul Fitri.

“Dalam pengamanan Ops Ramadniya kami telah membentuk 69 pos pengamanan, 27 pos pelayanan, dan 14 pos terpadu yang tersebar di seluruh wilayah hukum Polda NTT,” jelas Sumartono.

Disamping itu, lanjut dia, menjelang lebaran tentunya arus mudik semakin meningkat, sehingga diperlukan pengawasan yang ekstra sehingga arus mudik dapat berlangsung dengan lancar dan para pemudik dapat melaksanakan lebaran dengan keluarganya.

“Kepada para pemudik harus memperhatikan berbagai hal yang menghambat berbagai faktor yang mengganggu, diantaranya kelalaian pemudik saat berkendaraan, lebih mematuhi rambu-rambu lalu-lintas, serta pemerintah harus mempersiapkan segala sarana-prasarana yang dibutuhkan sehingga dapat mengatasi lonjakan arus mudik,” jelas Sumartono.

Menurut dia, antara kepolisian dan lintas sektor harus ada kerjasama yang baik sehingga suasana ramadhan dan hari raya Idulfitri dapat berlangsung dengan tertib, aman, dan kondusif.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda NTT, AKBP Jules Abraham Abast menambahkan, pihaknya telah mendata dan memverifikasi masjid dan lapangan yang akan digunakan oleh para umat sebagai tempat pelaksanaan Sholad Ied.

“Kami telah berkoordinasi dengan pengurus PHBI NTT terkait lokasi masjid serta lapangan yang akan dijadikan sebagai tempat Sholad Ied, dan para personil telah disiapkan untuk melakukan pengamanan selama pelaksanaan ibadah sholat Ied serta kegiatan lainnya selama lebaran,” ujar Abast.

Pihaknya berharap agar semua persiapan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga situasi selama berlangsungnya jelang hari raya lebaran dapat berlangsung kondusif.(che)

Foto : Kapolri Jenderal Batrodin Haiti.