Penyidik Fokus Tuntaskan Dugaan Korupsi di PT Sasando

by -23 views

Kupang, mediantt.com – Aroma korupsi yang tercium dari PT Sasando mulai serius dilirik penyidik tindak pidana khusus (Tipidsus) Kejaksaan Negeri Kupang. Bahkan, Kejari Kupang bertekad segera menuntaskan kasus dugaan korupsi di PT Sasando itu.

“Saat ini tim penyidik Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kupang benar-benar fokus menindaklanjuti dugaan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan daerah di PT. Sasando,” tegas Kasi Intel Kejari Kupang, Dedi Irawan kepada wartawan, Selasa (28/6).

Ia mengaku bahwa saat ini penyidik Tipidsus Kejari Kota Kupang sedang fokus melakukan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) terkait adanya dugaan penyelewengan pada keuangan di PT Sasando.

Menurut Dedi, jika dari hasil pulbaket itu ditemukan adanya penyimpangan, maka akan ditindaklanjuti ke proses penyelidikan hingga ke penyidikan.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menindaklanjuti surat perintah tugas (sprintug) yang sudah dikeluarkan Kepala Kejari Kota Kupang untuk mendalami dugaan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan daerah pada PT. Sasando setelah mendapatkan laporan dari masyarakat.

“Tipidsus Kejari Kota Kupang di bawah pimpinan Kasi Pidsus, Indi Premadasa sementara melakukan puldata dan pulbaket. Dan untuk pendalaman kasus PT. Sasando Kota Kupang, kita belum sampai pada proses penyelidikan dan penyidikan,”  kata Dedi.

Ditanya soal pengelolaan keuangan daerah pada PT. Sasando Kota Kupang yang sedang didalami, Dedi menegaskan, pihaknya sementara melakukan pendalaman.

“Jika dari hasil puldata dan pulbaket ditemukan ada indikasi penyimpangan dalam pengelolaan keuangan daerah, maka kita akan tindaklanjuti ke tahap penyelidikan hingga penyidikan,” kata Dedi

Ia menambahkan, pendalaman terkait dugaan penyimpangan keuangan pada PT Sasando saat ini hanya untuk memastikan apakah ada indikasi yang mengarah ke perbuatan melawan hukum atau tidak. (che)

Foto : Kantor Kejaksaan Negeri Kupang.