Dua Tim Debat Bahasa Wakili NTT di Tingkat Nasional

by -73 views

Kupang, mediantt.com – Lomba debat bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tingkat nasional akan digelar di Palu, Sulawesi Utara, pada bulan September 2016. Provinsi NTT memastikan menyertakan dua tim untuk berkompetisi di ajang nasional itu. Dua tim ini telah diseleksi melalui lomba debat yang digelar di Hotel Pelangi Kupang pada 21-24 Juni 2016.

“Lomba debat ini merupakan program Kementerian Pendidikan RI yang rutin dilaksanakan setiap tahun dan diikuti semua propinsi. Khusus di NTT, telah diadakan Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Inggris untuk menyeleksi wakil-wakil dari jenjang SMA/SMK yang ada di Kabupaten/Kota,” kata Ketua Panitia Lomba Debat, Albina Maria, kepada mediantt.com di sela-sela lomba debat tersebut, Jumat (24/6).

Ia juga mengatakan, “Khusus lomba debat bahasa Inggris, SMK polanya menyampaikan tulisan dan presentasi dan dilanjutkan debat,” kata Maria, yang juga Kasie Kesiswaan Dinas P dan K Provinsi NTT ini.

Menurut dia, lomba debat yang digelar ini menggunakan dana dari APBD Provinsi NTT Tahun Anggaran 2016. “Panitia menyiapkan akomodasi hotel dan konsumsi selama kegiatan lomba bagi semua peserta,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Drs. Sinun Petrus Manuk, ketika dikonfirmasi menjelaskan, lomba ini dilakukan untuk menghasilkan team yang handal, yang bisa berkompetisi di tingkat nasional.

“Harapan kita,  delegasi yang mewakili NTT bisa meraih kemenangan lomba debat, minimal masuk lima besar atau juara juara harapan. Saya juga minta para pemenang debat tingkat provinsi dan mewkili NTT ke tingkat nasional, agar boleh berbangga diri sebagai pemenang namun harus tetap rendah hati,” kata Sinun Petrus, mengingatkan.

Dari hasil debat di Kupang, dua tim yang berhak mewakili Provinsi NTT untuk berkompetisi di tingkat nasional. Pertama, Team SMA yang diwakili oleh Patrisia A. Jinorati, Dian Novita Rahma, dan Alfons B. Turu. Kedua, Team SMK diwakili oleh Aprilia D. Bino Putri, Angela PG Binsasi, dan Erni Lanamah.

“Mereka yang lolos mewakili NTT ini akan dibimbing oleh guru dan pelatih debat professional agar mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti debat Bahasa Inggris dan Indonesia tingkat nasional di Palu, September mendatang,” kata Albina Maria. (rony banase)

Foto : Peserta Lomba Debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia berpose bersama Kadis P dan K NTT, Drs Sinun Petus Manuk.