Jonas Salean Pastikan Copot Juru Tagih di Dispenda

by -29 views

Kupang, mediantt.com – YT, juru tagih yang juga Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kupang dipastikan dipecat oleh Walikota Kupang, Jonas Salean. Alasannya, YT menjadi salah satu tersangka kasus dugaan korupsi pajak hotel dan hiburan yang merugikan keuangan negara hingga ratusan juta rupiah.

“Saya akan melakukan pemecatan terhadap YT, tersangka kasus dugaan korupsi pajak hiburan dan hotel. Saya pastikan YT akan dipecat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Kupang,” tegas Jonas Salean kepada wartawan di Pengadilan Negeri (PN) Klas I A Kupang, Jumat (10/6).

Menurut Jonas, pemecatan terhadap YT akan dilakukan setelah menjalani proses hukumnya dan mendapatkan putusan serta memiliki kekuatan hukum tetap dari Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang.

Yang jelas akan dipecat setelah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I A Kupang,” tegas Jonas, dan menuturkan, hal ini terjadi karena kurangnya pengawasan dari Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kupang, Jefri Pelt.

Karena itu, sebut dia, akan dilakukan pengawasan terhadap seluruh dinas di Kota Kupang agar ke depan tidak terjadi lagi kasus korupsi di Kota Kupang. Ini karena kurangnya pengawasan dari Kepala Dinasnya sendiri. Kita akan perketat lagi pengawasan,” tegas Jonas.

Bendahara Diperiksa

Sementara itu,  Leddy Damayanti, bendahara penyetoran pajak pada Dispenda Kota Kupang, Jumat (10/6) diperiksa Kasi Pidsus Kejari Kupang, Indi Premadasa. Ia diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pajak hotel dan hiburan tahun anggaran2013-2015.

Kasi Pidsus Kejari Kupang, Indi Premadasa kepada wartawan mengatakan, bendahara diperiksa sebagai saksi.

Hari ini kami periksa bendahara penyetoran pajak di Dinas Pendapatan Kota Kupang. Saksi diperiksa selama 3 jam dengan 34 pertanyaan, terutama soal perannya sebagai bendahara dalam penyetoran pajak ke kas daerah. Saksi jelaskan tupoksinya sebagai bendahara dan mekanisme penyetoran pajak di kas daerah,” terang Indi. (che)

Foto: Walikota Kupang, Jonas Salean.