Aroma Derby dan Dendam di Final Liga Champions

by -33 views

Milan – Aroma derby dan balas dendam bakal lekat mewarnai pertarungan Real Madrid melawan Atletico Madrid pada final Liga Champions, Sabtu (28/5) atau Minggu dini hari WIB.

Persaingan sengit tim sekota yang biasanya tersaji di kompetisi domestik Spanyol, La Liga, kini akan tergelar di Stadion Giuseppe Meazza (San Siro), Milan di ajang kejuaraan antarklub paling bergengsi di Eropa.

Atletico mengusung misi balas dendam atas kekalahan mereka dua tahun silam saat tumbang pada final kejuaraan yang sama di Stadion Da Luz, Lisabon. Los Rojiblancos sebenarnya sempat unggul 1-0 sejak menit ke-36 melalui gol Diego Godin. Namun memasuki menit terakhir, Madrid mampu menyamakan skor berkat aksi Sergio Ramos.

Dalam babak tambahan inilah, Atletico kebobolan tiga gol yang dicetak Marcelo, Gareth Bale, dan penalti Cristiano Ronaldo. Tim yang bermarkas di Vicente Calderon ini pun harus melupakan mimpi menorehkan sejarah untuk pertama kalinya menjadi juara Liga Champions.

Madrid juga punya motivasi yang tak kalah tinggi. Los Blancos tentunya sangat bersemangat menambah koleksi gelar Liga Champions mereka menjadi 11 kali. Selain itu, mereka juga ingin membuktikan kembali hegemoni mereka sebagai tim penguasa Madrid.

Dalam 10 pertemuan kedua tim, setelah final Liga Champions tahun 2014, Real Madrid hanya mampu menang sekali dan kalah empat kali. Musim ini, Madrid juga tak berdaya menghadapi tim sekotanya itu. Mereka ditahan 1-1 saat bermain di kandang Atletico dan dipermalukan 0-1 ketika bermain di Stadion Santiago Bernabeu.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menyadari betul tantangan besar yang ada di depan mereka. Statistik menunjukkan, betapa kesulitannya Madrid jika bertemu Atletico dalam beberapa laga terakhir.

“Ini pasti akan menjadi pertandingan yang sangat sulit. Namun kami sudah tahu ini dan kami siap menghadapinya. Kami punya dua pekan untuk mempersiapkan diri dan para pemain ingin bola segera digulirkan,” papar Zidane yang menggantikan Rafael Benitez, Januari lalu.

Pendukung Real Madrid sempat cemas ketika mendengar kabar Ronaldo cedera saat berlatih dan dikhawatirkan harus absen. Namun Zidane memastikan pemain andalannya itu bakal tampil sejak awal.

“Ronaldo sempat merasakan nyeri namun dia baik-baik saja. Dia akan siap 100 persen,” kata sosok yang membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions tahun 2002 sebagai pemain ini.

“Dia mengalami sedikit gangguan namun akan hilang jika Anda akan bermain di final Liga Champions,” kata Zidane lagi.

Pelatih Atletico, Diego Simeone, juga memperkirakan pertandingan bakal berlangsung sangat ketat. “Pertandingan akan berlangsung penuh tekanan, sangat imbang, khususnya pada awal pertandingan,” paparnya.

Dia juga menyebut pentingnya pertarungan di lini tengah. “Siapapun yang memenangkan pertarungan awal di lini tengah akan mengambil keuntungan. Madrid dengan kualitas teknik yang mereka miliki mungkin akan berupaya mendominasi permainan,” ujar pelatih asal Argentina ini.

Kedua tim sama-sama siap menurunkan tim terbaik. Real Madrid memang tak akan diperkuat bek tengah Raphael Varane yang cedera. Namun lini pertahanan mereka bakal tetap tangguh karena masih bisa menurunkan duet Pepe dan Sergio Ramos. Daniel Carvajal akan mengawal sisi kanan dan Marcelo di kiri sekaligus menjaga kiper Keylor Navas dari serbuan lawan.

Ronaldo akan tetap dimainkan dalam formasi tiga pemain di depan bersama Gareth Bale dan Karim Benzema. Mereka akan ditopang barisan gelandang Casemiro, Luka Modric, dan Toni Kroos.

Simeone secara khusus memuji Casemiro yang punya peran besar di kubu Madrid. “Casemiro membuat mereka bisa kembali menyatu saat kehilangan bola. Dia membuat Real Madrid menjadi lebih berbahaya saat melakukan serangan balik,” katanya.

Atletico juga siap tempur dengan kekuatan penuh. Dua penyerang utama mereka, Antoine Griezmann dan Fernando Torres kemungkinan akan langsung diturunkan sejak awal.

Dalam formasi 4-4-2, duet Prancis-Spanyol ini akan didukung barisan gelandang yang terdiri dari Koke dan Saul Niguez sebagai sayap serta diperkuat Gabi dan Augusto Fernandez di jantung lini tengah.

Simeone kemungkinan akan menampilkan duet Uruguay Jose Gimenez dan Diego Godin sebagai tengah. Mereka akan didampingi Juanfran di kanan serta Filipe Luis di sisi kiri pertahanan.

Pelatih yang membawa Atletico menjadi juara La Liga 2013/14 ini mengungkapkan tekadnya untuk membawa timnya menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub ini.

“Bermain di final sangatlah fantastis namun bisa menang tentu saja akan lebih baik. Saya ingin memanggul sejarah 113 tahun klub ini di punggung saya. Saya suka itu. Saya suka tekanannya. Hanya kemenangan yang bisa membuat saya puas,” paparnya.

Kemungkinan Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3): 1. Keylor Navas; 15. Dani Carvajal, 3. Pepe, 4. Sergio Ramos; 12. Marcelo, 19. Luka Modric, 14. Casemiro, 8. Toni Kroos; 11. Gareth Bale, 9. Karim Benzema, 7. Cristiano Ronaldo.

Atletico Madrid (4-4-2): 13. Jan Oblak; 20. Juanfran, 2. Diego Godin, 24. Jose Gimenez, 3. Filipe Luis; 17. Saul Niguez, 14. Gabriel “Gabi” Fernandez, 12. Augusto Fernandez, 6. Koke; 9. Fernando Torres, 7. Antoine Griezmann

Stadion: San Siro

Wasit: Mark Clattenburg (Inggris)

Lima Pertandingan Terakhir Real Madrid
23/04/16 La Liga Rayo Vallecano 2-3 Real Madrid
27/04/16 Liga Champions Manchester City 0-0 Real Madrid
30/04/16 Premier League Real Sociedad 0-1 Real Madrid
05/05/16 La Liga Real Madrid 1-0 Manchester City
08/05/16 La Liga Real Madrid 3-2 Valencia
14/05/16 La Liga Deportivo La Coruna 0-2 Real Madrid

Lima Pertandingan Terakhir Atletico Madrid
23/04/16 La Liga Atletico Madrid 1-0 Malaga
28/04/16 Liga Champions Atletico Madrid 1-0 Bayern Muenchen
30/04/16 La Liga Atletico Madrid 1-0 Rayo Vallecano
04/05/16 Liga Champions Bayern Muenchen 2-1 Atletico Madrid
08/05/16 La Liga Levante 2-1 Atletico Madrid
15/05/16 La Liga Atletico Madrid 2-0 Celta de Vigo

Head to Head

27/02/16 La Liga Real Madrid 0-1 Atletico Madrid
05/10/15 La Liga Atletico Madrid 1-1 Real Madrid
23/04/15 Liga Champions Real Madrid 1-0 Atletico Madrid
15/04/15 Liga Champions Atletico Madrid 0-0 Real Madrid
07/02/15 La Liga Atletico Madrid 4-0 Real Madrid
16/01/15 Piala Raja Real Madrid 2-2 Atletico Madrid
08/01/15 Piala Raja Atletico Madrid 2-0 Real Madrid
14/09/14 La Liga Real Madrid 1-2 Atletico Madrid
23/08/14 Piala Super Spanyol Atlético Madrid 1-0 Real Madrid
20/08/14 Piala Super Spanyol Real Madrid 1-1 Atletico Madrid
25/05/14 Liga Champions Real Madrid 4-1* Atletico Madrid

* = setelah perpanjangan waktu

beritasatu.com