Pebalap Hongkong Juara Etape 3 Tour de Flores

by -29 views

BAJAWA – Tour de Flores (TDF) selalu melahirkan juara baru pada setiap etapenya. Pada etape 3 rute Ende-Bajawa, yang berjarak 123,3 kilometer pada Sabtu (21/5) siang, pembalap Wisdom Hexiang Cycling Team asal Hong Kong, Ying Hon Ronald Yeung, meraih “Lippo Red Jersey” atau sebagai jawara etape ini dengan catatan waktu 3 jam, 34 menit, dan 14 detik (3:34:14).

Ia mengalahkan, Cristie Jason dan Daniel Whitehouse yang menjadi jawara pada etape pertama dan kedua. Jason sendiri terlempar dari 10 besar, meski sempat bergabung dengan tiga pembalap untuk memimpin rombongan pembalap sebelum akhirnya terlempar. Sementara Daniel Whitehouse pada etape ketiga ini berakhir di peringkat kedelapan dengan catatan waktu 3:34:16.

Posisi kedua pada etape ketiga diraih Benjamin Prades dari Team Ukyo dengan catatan waktu 3:34:16. Tempat ketiga diisi pembalap dari Geunsam Insam Cello, Hyeongmin Choe, dengan catatan waktu 3:34:16. Sementara pembalap Tim Nasional Indonesia Robin Manulang berakhir di posisi keempat juga dengan catatan waktu 3:34:16. Pembalap Indonesia lainnya Hari Fitrianto dari Black Inc Cycling Team menempati posisi kelima juga dengan catatan waktu yang sama.

Yang membedakan peringkat para pembalap ini selain selisih detik juga jumlah bonus penalti. Ronald Yeung mendapat bonus penalti sebanyak 15, sedangkan Benjamin Prades mendapat enam poin dan Hyeongmin Choe hanya mendapat bonus penalti empat poin. Adapun Robin Manulang dan Hari Fitrianto tidak mendapat bonus penalti.

Selain meraih red jersey, Yingho Ronald Yeung yang lahir 30 Juli 1988 ini merebut tiga king of mountain (KOM) sepanjang etape ini dan berhak atas “Daihatsu Polka-Dot Jersey”. Ia mengoleksi 60 poin diikuti Daniel Whitehouse dengan 41 poin, dan Benjamin Prades dengan 32 poin.

Meski keluar sebagai jawara pada etape ketiga ini, Ronald Yeung belum masuk dalam jajaran 10 besar kategori “Individual General Clasification by Time” atau rekor catatan waktu sejak etape pertama hingga ketiga. Sejauh ini, peringkat pertama masih dipimpin Daniel Whitehouse dengan total catatan waktu 11:04:32, diikuti pebalap Timnas Indonesia Robin Manulang dengan total catatan waktu 11:04:42. Ia kalah 10 detik dari Whitehouse. Peringkat ketiga dihuni oleh Benjamin Prades dengan total waktu 11:08:07

Robin Manulang masih menjaga posisinya sebagai pembalap terbaik Asia dan berhak mendapat “Bank BRI Blue Jersey” diikuti pembalap Filipina yang tergabung dalam 7-Eleven Sava RBP dan pembalap Indonesia lainnya Hari Fitrianto di tempat ketiga dengan total waktu pada etape pertama hingga ketiga mencapai 11:08:42. Manulang juga menjadi pembalap terbaik Indonesia dan berhak mendapat “Lippo Red&White Jersey” diikuti Hari Fitrianto dan Aiman Cahyadi.

Ronald Yeung mengaku sangat gembira dengan capaiannya ini. “Saya sangat beruntung karena hari ini saya menyapu bersih seluruh king of mountain,” ujarnya sesaat setelah finis .

Sementara dari segi jumlah poin yang sudah dikoleksi pada tiga etape ini, Christi Jason memimpin dengan 28 poin dan berhak mendapatkan “Mandiri Dark Blue Jersey” diikuti Daniel Whitehouse dengan 24 poin dan Benjamin Prades juga dengan 24 angka.

Lomba balap etape ketiga ini berbeda dengan etape kedua, Maumere-Ende pada Jumat (20/5). Pada etape ini, Daniel Whitehouse asal Selandia Baru praktis memimpin seluruh lomba sejak awal hingga garis finis.

Sedangkan pada etape ketiga, secara keseluruhan para pebalap selalu berada dalam rombongan. Sekitar kilometer 40, tiga pembalap berhasil keluar dari kelompok besar pebalap dan memimpin etape 3. Tapi menjelang king of mountain terakhir, seluruh pembalap kembali menyatu.

Etape ketiga Tour de Flores (TdF) dengan rute Ende-Bajawa sejauh 123,3 kilometer dilepas Menteri Perindustrian Saleh Husin di Kantor Bupati Ende, Jalan Eltari, Ende, Sabtu (21/5) Wita.

Pembalap dari Kenya Riders Downunder, Christie Jason yang sempat terjatuh pada etape kedua Maumere-Ende juga terlihat kembali mengayuh sepedanya menuju titik start untuk signing on board. Jason adalah juara etape pertama Larantuka-Maumere Kamis (29/5) lalu. Meski terjatuh, Jason tetap mencapai finis pada etape kedua, meski bukan lagi sebagai juara.

Sementara itu, warga sudah memenuhi halaman Kantor Bupati Ende. Sepanjang jalan di depan kantor bupati terlihat penuh dengan warga. Mereka ingin menyaksikan para pembalap yang ingin “menaklukkan” Pulau Flores pada TdF ini.

Warga senang karena ini menjadi hiburan untuk rakyat. Jarang ada kegiatan seperti ini. Selain itu, bisa promosi wisata di wilayah ini. (mediacentertdf/jdz)

Foto : Para pembalap dari Kinan Cycling Team beristirahat sejenak seusai pemanasan sebelum start etape ketiga Ende-Bajawa dalam kejuaraan balap sepeda Tour de Flores, Sabtu, 21 Mei 2016.