Racer Selandia Baru Juara Etape Satu TdF

by -164 views

Maumere, mediantt.com – Racer atau Pembalap Selandia Baru, Christie Jason, bernomor punggung 33 dari tim Kenya Riders Downunder keluar sebagai juara etape pertama lomba balap sepeda internasional Tour de Flores (TdF) yang berakhir di kantor Bupati Sikka, Kamis (19/5) siang. Ia menyelesaikan lomba berjarak 138,8 kilometer itu selama 3 jam 28 menit. Ia mengoleksi 15 poin.

Sementara posisi kedua ditempati Zulberger Wesley dari tim Kinan Cycling Team dengan catatan waktu yang sama. Tetapi, ia harus puas di posisi kedua dengan koleksi 12 poin. Sedangkan posisi ketiga diraih MA Guangdong dari Wisdom-Hengxiang Cycling Team juga dengan catatan poin yang sama. Tetapi ia hanya mengoleksi sembilan poin.

Pembalap Indonesia dari Timnas Indonesia, Manulang Robin berada di tempat keempat juga dengan catatan waktu yang sama. Ia disusul pembalap Korea Selatan Jang Sunjae dari LX-aps Cycling Team dengan enam poin. Dua pembalap Indonesia lainnya, masing-masing Warseno dari SAB dan Jaya Herwin dari BRCC yang menempati urutan keenam dan ketujuh, mendapat empat pon dan tiga poin.

Manulang Robin sekaligus dinobatkan sebagai stage best Indonesian rider diikuti oleh Warseno dan Jaya Herwin.

Sementara di kelompok ASEAN, MA Guangdong terpilih sebagai pembalap tercepat dan berhak meraih Blue Jersey diikuti Jaya Herwin dan Manulang Robin dari Indonesia.

Secara keseluruhan, pembalap terbaik Indonesia (Jersey Red & White) diraih Jaya Herwin diikuti Manulang Robin dan Warseno.

Untuk ketegori tim, Kenya Riders Downunder menjadi yang terbaik diikuti SAKB dan BRCC dari Indonesia.

Di posisi klasemen sementara, Cristie Jason berada di puncak klasemen sementara dengan 20 poin, diikuti MA Guandong dengan 19 poin. Posisi ketiga menjadi milik Zulberger Wesley dengan 12 poin.

Etape kedua dari Maumere ke Ende dengan jarak 141,3 kilometer akan dilakukan Jumat (20/5).

Warga Menyemut di Titik Star

Pantauan mediantt.com, Kantor Bupati Flores Timur di Larantuka, Kamis (19/5) dipadati ribuan warga menjelang start etape pertama Tour de Flores (TdF). Anak-anak sekolah di Kota Renha Rosari ini mengenakan kebaya dipadu dengan kain tenun Flores Timur. Selain memadati kantor bupati, warga juga memenuhi jalan utama di depan kantor pemimpin pemerintahan di Flores Timur itu.

Orang tua, remaja, anak-anak, laki-wanita tumpah ruah menyambut dimulainya ajang kejuaraan balap sepeda di Nusa Tenggara Timur ini.

Acara pembukaan dimeriahkan kelompok drumband SMP Mater Inviolata Larantuka. Mereka memainkan sejumlah lagu sebelum start etape pertama TDF dimulai.

Start etape pertama ini dimulai di depan Kantor Bupati Flores Timur pukul 09.00 Wita dan akan finis di Kantor Bupati Sikka di Maumere. Jarak yang akan ditempuh pada etape pertama ini sejauh 138,8 kilometer. (*/jdz/vicky da gomez)

Foto : Christie Jason (kanan) menjuarai etape pertama lomba balap sepeda Tour de Flores.