Warga Larantuka Antusias Sambut Peserta TdF

by -34 views

LARANTUKA – Warga Kota Larantuka, Ibukota Kabupate, Flores Timur, menyambut dengan antusias peserta lomba balap sepeda Tour de Flores (TdF), Selasa (17/5) malam. Sejak dari pinggiran kota, warga sudah berkerumun di luar rumah, meski dalam kondisi gelap, menyambut iring-iringan kendaraan yang membawa peserta lomba dan panitia dari Maumere, Kabupaten Sika.

Semakin ke tengah kota, sambutan warga makin meriah. Semakin banyak warga yang berdiri di pinggir jalan. Selain itu umbul-umbul juga dipasang di pinggir-pinggir jalan hingga ke pusat kota. Suasana makin bagus karena semakin ke kota listrik menyala.

Rombongan yang menggunakan sekitar 150 mobil dalam perjalanan darat dari Maumere baik mobil pribadi, angkutan penumpang, maupun truk akhirnya diterima secara resmi di Waibalun, Larantuka. Pasukan drumband dari SMPK Ratu Damai ikut memeriahkan acara penjemputan ini. Acara tersebut juga membuat arus lalu lintas mendadak macet. Sepeda-sepada motor warga tidak bisa melintas karena seluruh jalan dipenuhi kendaraan peserta lomba.

Pada saat bersamaan, warga tumpah ruah ke jalan-jalan. Mereka melambaikan tangan sambil berteriak setiap kali mobil rombongan lewat. Apalagi, para sopir membunyikan klakson kendaraannya. Bukannya membuat berisik, bunyi klakson mobil-mobil itu justru semakin membuat warga berteriak dan melambaikan tangan. Seru.

Pada Selasa (17/5) malam, para pembalap beristirahat. Acara peluncuran dan perkenalan tim TdF dilakukan Rabu (18/5). Sedangkan kegiatan lomba balap Tour de Flores sendiri baru dimulai Kamis (19/5). Etape pertama akan dimulai di Larantuka dan finis di Maumere. Hari berikutnya dilanjutkan dengan etape kedua dari Maumere sampai Ende.

Etape ketiga diselenggarakan Sabtu (21/5) dari Ende ke Bajawa. Sedangkan etape keempat dari Bajawa ke Ruteng berlangsung Minggu (22/5). Etape kelima atau terakhir diselenggarakan Senin (23/5) dengan rute Ruteng-Labuab Bajo. Acara penutupan digelar di Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat Selasa (24/5). (beritasatu.com/jdz)

Foto : Pebalap dunia, Welcome Lance Amstrong (kiri), bersama rombongan peserta lainnta yang telah tiba di Larantuka, Flores Timur.