Tak Ada Prestasi, Titu Eki Copot Efi Yosep

by -30 views

KUPANG – Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, kembali mencopot sejumlah pejabat. Salah satunya adalah Efi Yosep. Orang dekat yang adalah ;’anak emas’ Titu Eki ini bakal dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Penyewaan Alat Berat. Dan, menurut rencana, pelantikan akan dilakukan Senin (9/5)/

Dan langsung dilakukan serah terima jabatan kepada pejabat baru yang bertindak sebagai pelaksana tugas (plt). Namun Titu Eki belum menyampaikan nama pejabat yang menggantikan Efi Yosep.

“Banyak orang bilang, Pak Efi Yosep adalah ‘anak emas’ Bupati Kupang, Ayub Titu Eki. Dan saya mau bilang, itu benar adanya. Sebab dia salah satu anggota tim sukses terbaik bagi saya waktu pilkada kali lalu. Namun, demi kepentingan rakyat Kabupaten Kupang, saya tetap copot dia karena belum ada prestasi apa-apa,” jelas Ayub Titu Eki didampingi Kabag Humas Pemkab Kupang, Stef Baha, kepada para wartawan di Rujab Bupati Kupang, Minggu (8/5/2016) siang, seperti dilansir Pos Kupang.

Jadi, lanjut Titu Eki, kabar angin yang menuding ia tidak berani mencopot pejabat yang masuk kategori ‘orang dekat’ atau ‘anak emas’ adalah salah besar. Ia mengaku tidak akan pilih kasih dan tetap copot, kendati pejabat itu sangat dekat dengan dirinya.

“Kalau kerja tidak ada prestasi apa-apa, tidak ada perubahan dan kemajuan untuk rakyat, untuk apa saya pelihara pejabat itu? Kasihan rakyat yang jadi susah,” tandas Titu Eki.

Ia juga meminta agar Efi Yosep berkonsentrasi kepada kasus hukum yang kini sedang dalam proses penyidikan di Kejaksaan Negeri Oelamasi.

Bupati Kupang dua periode ini juga menegaskan, sedang mengevaluasi belasan pejabat eselon II “Pokoknya sepanjang bulan ini akan ada copot-mencopot pejabat pamokol (pemalas, Red). Nanti lihat saja,” janji Titu Eki kepada para wartawan.

Ia juga mengungkapkan setiap hari menerima SMS pengaduan dari staf, warga, dan tokoh masyarakat tentang kinerja buruk dan pelayanan atas dasar pamrih dari oknum lurah, camat dan pejabat.

“Namun sayang, orang yang SMS itu tidak mau beritahu nama. Kalau dia beritahu nama, dan saya telusuri laporannya kalau benar, pejabat itu langsung saya copot hari itu juga,” jelas Titu Eki.

Karena itu, ia minta laporan lewat SMS supaya disertakan nama lengkap pelapor. Biar bisa ditindaklanjuti segera. “Jangan takut. Namanya saya rahasiakan. Saya cuma butuh kejujuran saja. Agar segera saya bentuk tim khusus untuk tindaklanjuti laporan tersebut. Jika benar laporan itu, saya copot pejabat nakal tersebut,” janji Titu Eki.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Kupang, Ayub Titu Ek,i kembali mencopot belasan pejabat. “Rencananya dalam bulan Mei ini, ada beberapa pejabat akan dicopot, dinonjobkan dan digeser. Sebab sudah hampir dua tahun tidak punya prestasi apa-apa. Kerjanya cuma menghabiskan anggaran saja, tapi dampaknya kepada masyarakat tidak ada,” jelas Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Kupang, Stef Baha kepada para wartawan, Rabu (4/5/2016).

Baha tidak menyebut angka pasti berapa pejabat yang akan dicopot. Namun ia memperkirakan jumlahnya sekitar belasan orang. Terbanyak adalah eselon III.

Ia juga mengatakan empat pejabat eselon II dan III yang sudah dicopot duluan akhir bulan April lalu, juga akan diserahterimakan dengan pejabat baru bersamaan dengan acara pelantikan belasan pejabat nanti. (pkc/jk)

Foto : Bupati Ayub Titu Eki