Informasi kepada Media Harus Dikoordinasikan dengan Biro Humas

by -193 views

Kupang, mediantt.com – Kepala Biro (Karo) Humas Setda Provinsi NTT, Drs. Semuel Pakereng, M.Si mengatakan, Biro Hubungan Masyarakat (Humas) harus proaktif memberitakan seluruh program Pemerintah Provinsi yang dilaksanakan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT. Ia juga meminta agar seluruh informasi yang akan disampaikan kepada media harus dikoordinasikan denan Biro Humas.

Penegasan tersebut disampaikan Semuel Pakereng saat menjadi narasumber pada Pertemuan Badan Koordinasi (Bakohumas) Lingkup Pemprov NTT, di Hotel Romyta, Kupang, Rabu (20/4). Tema pertemuan Bakohumas yang digelar untuk pertama kali di tahun 2016 adalah “Revitalisasi Peran Kehumasan Lingkup Pemerintah Provinsi NTT”.

Dimoderatori Kasubag Penerbitan Biro Humas Setda, Lucius W. Luly, S.STP, MA, kegiatan tersebut dihadiri utusan bagian Humas SKPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, Humas TNI/Polri serta Instansi vertikal dan perwakilan media.

Kepala Biro Humas mennjelaskan, fungsi Biro Humas sebagai Juru Bicara Kepala Daerah sangatlah vital dan strategis. “Humas harus menjadi sumber informasi awal kegiatan pimpinan. Segala kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur termasuk yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli atau pimpinan SKPD harus diberitakan agar masyarakat mengetahui kegiatan pemimpinnya,” jelas Semuel Pakereng yang baru sebulan menjabat Karo Humas NTT.

Ia juga mengharapkan agar Bagian Humas SKPD harus berperan aktif dan bekerjasama dengan Biro Humas NTT. “Kita berharap agar kegiatan penyampaian informasi kepada media atau publik dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan Biro Humas demi membangun kesepahaman serta kebersamaan,” kata mantan Kabag Humas Setwan DPRD NTT inisaat menguraikan visi Biro Humas NTT yakni Terwujudnya Pengelolaan Kehumasan yang Profesioanal guna mendukung Penerapan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.

Saat itu, Semuel juga menyinggung soal peran Humas dalam era digital. Humas harus mampu memanfaatkan kemajuan tekhnologi. “Internet menjadi bagian penting dalam penyampaian informasi. Humas hendaknya eksis di internet dan sosial media,” jelas Semuel. Mengutip hasil penelitian yang diekspose di internet, Karo Humas membeberkan bahwa 98 persen wartawan terhubung setiap hari untuk memeriksa email.

Di akhir pemaparannya, Karo Humas menegaskan pentingnya kerjasama dengan media. Media menjadi mitra penting dalam menyebarluaskan program-program pemerintah. “Tugas Biro Humas adalah membangun relasi yang konstruktif dengan media agar pemberitaan tentang kegiatan pemerintahan bisa berimbang. Siaran-siaran pers akan terus ditingkatkan,” tutup Semuel Pakereng yang berjanji dalam waktu dekat akan segera mengadakan pertemuan dengan pemimpin redaksi media massa serta membangun press room. (hms/jdz)

Foto : Pose bersama peserta Pertemuan Badan Koordinasi (Bakohumas) Lingkup Pemprov NTT, di Hotel Romyta, Kupang, Rabu (20/4).