Taman Nasional Komodo Jadi Destinasi Ekowisata Dunia

by -188 views

JAKARTA – Taman Nasional Komodo dibenahi untuk menjadi destinasi ekowisata kelas dunia. Hal itu dikemukakan Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tachrir Fathoni.

Dikatakannya, sebagai warisan dunia ditetapkan Unesco, Taman Nasional Komodo juga merupakan sebagai cagar biosfer dan menyandang predikat New Seven Wonder of Nature.

Atas predikat tersebut, maka Taman Nasional Komodo harus menjadi destinasi ekowisata kelas dunia dan berstandar internasional.

”Perlu ada peningkatan pelayanan kenyamanan dan kemewahan bagi pengunjung dengan tetap mengedepankan faktor konservasi, sehingga dapat meningkatkan kepuasan para wisatawan untuk datang kembali,” kata Tachrir, seperti dilansir Indopos, Rabu (6/4).

Sebagaimana diketahui, TN Komodo memiliki potensi kegiatan wisata terestrial yaitu trekking dan bird watching. Khususnya melihat fauna komodo yang merupakan binatang purba, serta potensi wisata perairan seperti snorkling dan diving yang menjadi favorit wisatawan.

Jumlah pengunjung per tahun sebanyak 90 ribu wisatawan dengan perbandingan wisatawan asing mencapai 90 persen dan wisatawan nusantara 10 persen.

Pada 2015, Taman Nasional Komodo menyumbang PNBP hingga Rp 19,3 miliar atau naik 400 persen dari tahun sebelumnya.

Tachrir menambahkan, TN Komodo masuk ke dalam prioritas pembangunan pariwisata 10 destinasi ekowisata prioritas nasional yang digarap Kementerian Pariwisata bersama Kementerian LHK.

Percepatan pengembangan destinasi berbasis alam ini dikhususkan dalam mewujudkan Target Pariwisata Nasional 2015-2019. (jdz)

Foto : Taman Nasional Komodo (TNK). Pesona yang menakjubkan.