Anggota MPR Sosialisasi Empat Pilar di Alor

by -109 views

Kalabahi, mediantt.com – Anggota MPR-RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional, H. Syahrulan Pua Sawa menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada masyarakat di Kabupaten Alor. Sosialisasi tersebut dihadiri sejumlah masyarakat kurang lebih 200 orang, tepatnya di Desa Dulolong,  Kecamatan Alor Barat Laut,  Kabupaten Alor, Sabtu (12/3/2016).

Pua Sawa mengatakan, segenap elemen bangsa Indonesia tidak boleh melupakan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Sedangkan  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi negara.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa Indonesia harus tetap kokoh dan eksis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pua Sawa juga menekankan bahwa negara harus dibangun berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pandangan hidup, falsafah negara, serta fondasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
“Nilai-nilai Pancasila harus teraktualisasikan dan pembentukan kejiwaan prilaku masyarakat. Empat Pilar ini, masyarakat harus benar-benar menjiwai,” kata Pua Sawa.

Menurut dia, berbagai persoalan yang dihadapi Bangsa Indonesia dalam menjaga dan mempertahankan kesatuan dan persatuan  bangsa, dengan selalu berazaskan Pancasila sebagai nilai-nilai dasar dalam berkehidupan  berbangsa dan bernegara harus semakin diperkuat.  Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945,  NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) terus digencarkan sosialisasinya oleh para anggota MPR-RI.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan yang digelar MPR RI, diharapkan mampu meningkatkan nilai-nilai kebangsaan sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pua Sawa, politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan, Kebhinekaan dan perbedaan merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakkan dalam kehidupan bangsa Indonesia yang memang multikutural dan multietnis.

Karena itu, konsep Bhinneka Tungga Ika sangat relevan untuk dipertahankan dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI. Setiap warga negara harus arif menyikapi perbedaan, sebagai sebuah keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,.juga harus dijadikan modal dasar sebagai kekuatan masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa agar lebih sejahtera. (sj/ian)

Foto : Anggota MPR-RI dari Fraksi PAN, H. Syahrulan Pua Sawa, saat menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada masyarakat di Desa Dulolong, Kabupaten Alor.