Kabupaten Kupang Bakal Jadi Kawasan Unggul di Indonesia Timur

by -37 views

Oelamasi, mediantt.com – Kabupaten Kupang memiliki banyak potensi dan komoditi unggulan yang siap bersaing di pasar regional. Karena itu, Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, merasa optimis bahwa Kabupaten Kupang akan menjadi kawasan unggul di wilayah Indonesia Timur.

“Saya optimis Kabupaten Kupang akan menjadi kawasan unggul di wilayah Indonesia bagian Timur dengan tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk menyelenggarakan kewenangan secara baik,” kata Bupati TItu Eki dalam Sidang I masa persidangan II DPRD Kabupaten Kupang 2016, Senin (4/4).

Ia menjelaskan, tujuh Ranperda yang dibahas ini merupakan hirarki dari undang-undang. “Tapi ini juga menjadi kepentingan pemerintah untuk menciptakan penyelenggaraan kewenangan daerah secara baik. Jadi, terus lakukan yang terbaik demi terpenuhi tujuan kabupaten unggul di kawasan timur,” tegas Titu Eki.

Titu Eki menyebutkan, dalam sidang paripurna terhormat dengan agenda pembahasan dan penetapan ketujuh Ranperda, keempat Raperda merupakan usulan pemerintah dan 3 Ranperda produk DPRD Kabupaten Kupang, sudah sejalan dengan tupoksi yang diemban kedua pihak sebagai penyelengara pemerintah daerah.

Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosep Lede menegaskan, tiga Ranperda yang diprakarsai merupakan suatu prestasi yang amat luar biasa. “Selama ini Ranperda yang dibahas semua usulan dari pemerintah. Untuk itu, tidak berlebihan diberikan apresiasi dan penghargaan kepada lembaganya melalui badan legislasi yang telah menghasilkan 3 Ranperda,” kata Lede.

Keterangan yang diperoleh mediantt.com, ketujuh Raperda dari pihak pemerintah yakni pemilihan kepala desa, ijin jasa konstruksi, pembinaan penyelenggaraan bangunan gedung, dan Kesehatan Ibu, Bayi dan di bawah lima tahun.

Sedangkan yang diprakarsai DPRD Kabupaten Kupang yaitu, Ranperda Perlindungan Tenaga Kerja, penetapan batas desa, dan kedudukan protokoler keuangan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kupang. (*/jdz)

Foto : Bupati Titu Eki