TNI-Polri Dapat Lawatan Rohani dari Uskup Suharyo

by -47 views

Kupang, mediantt.com – Seluruh anggota TNI dan Polri di Kupang, mendapat lawatan rohani dari salah satu pemimpin umat katolik untuk TNI-Polri, Mgr Prof Dr Ignatius Suharyo, di Makorem 161/Wirasakti Kupang, Selasa (5/4).

“Kunjungan ini sebagai salah satu bentuk perhatian pimpinan umat Katolik lingkup TNI/Polri dalam melawat umat katolik yang berada di daerah-daerah,” kata Mgr Ignatius Suharyo.

Menurutnya, pelayanan iman bagi umat katolik di kalangan militer sangat penting dalam meningkatkan pelayanan spiritualitas bagi anggota yang membutuhkan lawatan rohani. Ia ingin memberikan pemahaman bagi para anggota bahwa kontribusi gereja katolik sangat besar dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

“Kehadiran Uskup TNI/Polri dilatarbelakangi oleh pengakuan Negara Vatikan terhadap kemerdekaan Indonesia, sekalipun merupakan negara yang kecil, namun memiliki pengaruh yang besar terhadap kelangsungan negara Indonesia,” jelas Mgr. Ignatius.

Mgr. Ignatius berharap agar pimpinan di TNI dan Polri memberikan perhatian dan ruang bagi anggota, baik itu TNI maupun Polri yang beragama katolik dalam mengembangkan keimanan dan spritualitasnya kepada Tuhan, serta menyediakan sarana yang memadai bagi anggota, serta lebih memperhatikan keberadaan para anggota.

Danrem 161/Wirasakti Brigjen TNI Heri Wiranto yang mewakili unsur Fokompida, mengatakan, sangat berterima kasih terhadap pihak keuskupan yang menyempatkan waktu untuk mengunjungi prajutit TNI yang beragama katolik.

“Kami menyambut baik kunjungan ini, dengan harapan agar para anggota TNI mendapat penguatan spritual dari pimpinan umat lingkup militer, karena selama ini banyak  anggota sangat membutuhkan perhatian dari pimpinan umat,” tegas Wiranto.

Kapolda NTT Brigjen Pol E. Widiyo Sunaryo di sela-sela kegiatan Uskup TNI/Polri itu mengatakan, kunjungan ini menjadi sebuah langkah maju dalam merevolusi mental anggota Polri. Sebab, masih banyak anggota Polri yang belum sepenuhnya memenuhi tugas dan pengabdiannya sebagai abdi negara, dan masih banyak perilaku menyimpang di lingkup instansi Polri.

“Pasca kunjungan ini, kami mengharapkan adanya perubahan mental dari para anggota Polri dan lebih memperhatikan kualitas rohani dan meningkatkan spritual serta menjauhi semua perbuatan menyimpang yang merusak nama baik institusi,” ujar Sunaryo.

Dalam kunjungan tersebut, Uskup Mgr. Ignasius didampingi rombongan, di antaranya Pasbanmilpol Keuskupan TNI/Polri Rm. Rofianus Neto Wuli, Dirjen Binmas Katolik Kemenag RI Eusabius Binsasi, Kasubdit Binrohkat Disbintalad Kolonel Inf Heron Dominicus, Passus Disbintalad Kolonel Caj. Thomas Tongge, Kabag Watrohkat Disbintalad Letkol Caj. Gaudenesia Diana.

Kehadiran mereka di Makorem 161/Wirasakti disambut Pimpinan TNI diantranya Danrem 161/Wirasakti Brigjen TNI Heri Wiranto, Danlantamal VII Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso, Danlanud El Tari Kol Pnb Jorry Koloay. Sementara kegiatan penerimaan Uskup TNI/Polri di Grand Mutiara Ball Room disambut oleh Kapolda NTT Brigjen Pol E. Widiyo Sunaryo dan jajarannya, ditandai dengan kegiatan misa bersama semua anggota Polda NTT yang beragama katolik.(che)

Foto: Mgr. Prof. Ignatius ketika berkunjung ke Makorem 161/WS Kupang, Selasa (5/4).