Para Frater Claretian Gelar Jalan Salib Hidup

by -25 views

Kupang, mediantt.com – Peringatan kisah sengsara Yesus Kristus pada setiap Jumad Agung, para frater dari Seminari Tinggi Klaret, menggelar Jalan Salib Hidup atau Tablo, di kompleks biara tersebut.

Tablo itu mengisahkan tragedi penyaliban Tuhan Yesus untuk menyelamatkan serta menebus dosa umat manusia.

Jalan salib hidup itu diperankan para frater Seminari Tinggi Claret Kupang, dengan rute jalan salib mengitari halaman seminari tinggi claret. Proses Tablo itu berjalan dengan penuh iman dan penghayatan bagi seluruh umat yang hadir.

Sebelum disalibkan di bukit tengkorak (Golgota), sang juru selamat melewati siksaan yang begitu berat hanya untuk menebus dosa umat manusia. Yesus Sang juru Selamat harus memikul salib sebagai tanda pengorbanan demi keselamatan umat manusia yang dicintai.

Dalam tablo itu, Yesus mendapat siksaan yang begitu berat dari para tentara Romawi. Yesus dipukul, dihina bahkan dicaci maki oleh mereka yang membenci Yesus. Demi cinta-Nya kepada umat manusia, Yesus rela memikul salib dan mati di kayu salib yang hina itu, meskipun dirinya tidak berdosa seperti manusia.

Frater Rian, salah satu pemeran tentara Romawi mengaku dengan pementasan tersebut, diharapkan mengajak umat manusia untuk menghayati kisah sengsara Yesus demi keselamatan manusia.

“Kiranya dengan kisah ini, umat manusia lebih memaknai arti paskah, terutama menghayati pengorbanan Yesus untuk manusia,” kata Fr Rian. Ia berharap sesama umat manusia bisa saling mengampuni atau memaafkan. (che)

Foto : Ilustrasi