Amankan Paskah 2016, Polisi Utamakan 13 Gereja

by -29 views

Kupang, mediantt.com – Aparat keamanan di Kota Kupang tidak akan kecolongan hingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perayaan Paskah 2016 ini. Karena itu,

Polres Kupang Kota mengerahkan 2/3 dari seluruh pasukan untuk mengamankan Paskah, dan akan mengutamakan 13 gereja di Kota Kupang, diantaranya Gereja Katedral Kristus Raja Kupang, Gereja Kota Baru dan beberapa gereja lainnya.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Budi Hermawan, SIK melalui Kabag Ops Kompol Arya Gede Bawa kepada wartawan, Senin (21/3) mengatakan, dari jumlah personil yang mencapai 700 orang yang bertugas di Mapolres Kupang Kota, hampir secara keseluruhan dikerahkan untuk amankan perayaan paskah 2016.

“Dari 700 personil itu, 2/3 pasukan kita kerahkan, seperti dari Buru Sergap (Buser), Intelejen, Shabara dan Turjawali,” kata Arya.

Di Kota Kupang, sebut Arya, ada 314 gereja yang diamankan oleh pihak kepolisian, namun sedikitnya 13 gereja yang menjadi prioritas untuk diamankan. “Ke-13 gereja yang diamankan atau menjadi skala prioritas polisi diantaranya Katedral Kupang, Gereja Kota Baru dan beberapa gereja lainnya,” sebut dia.

Menurut Arya, alasan ke-13 gereja menjadi prioritas karena ada beberapa alasan seperti kejadian-kejadian sebelumnya, seperti terjadi pencemaran hosti, terjadi kebisingan seperti bunyi motor dan sebagainya.

“Ada 13 gereja yang menjadi prioritas dalam pengamanan tahun ini. Karena ada beberapa alasan tadi,” ujar Arya.

Menurut Arya, jika dalam pengamanan nanti ada terjadi hal-hal yang menggangu ketertiban saat perayaan, maka akan langsung diamankan. “Kita juga telah antisipasi dengan cara lain, bekerja sama dengan para pemuka agama seperti Pastor dan Pendeta serta kaum muda di gereja masing-masing,” tegasnya.

Arya berharap umat kristiani di Kota Kupang dapat merayakan pesta Paskah tahun 2016 dengan penuh hikmah sehingga melahirkan jiwa baru yang penuh iman. (che)

Foto: Ilustrasi