Wenger: Barca Ubah Sepak Bola Jadi Seni

by -35 views

MANAJER Arsenal, Arsene Wenger, hanya bisa memuji permainan Barcelona setelah The Gunners disingkirkan Blaugrana di babak 16 besar Liga Champions, Rabu (16/3) malam waktu setempat.

Arsenal untuk kali keenam beruntun tersingkir di babak 16 besar Liga Champions. Kali ini giliran Barcelona yang membuat Per Mertesacker dan kawan-kawan tersingkir dengan keunggulan agregat 5-1.

Wenger menganggap Arsenal memberikan Barcelona perlawanan sengit di leg kedua setelah sempat menyamakan kedudukan 1-1 lewat gol Mohamed Elneny.

“Saat kedudukan 1-1, kami punya peluang. Kami menghadapi tim dengan barisan penyerang terbaik di dunia yang pernah saya lihat. Di dua leg pertandingan kami menciptakan banyak peluang emas,” ujar Wenger seperti dilansir Marca.

Tiga gol Barcelona di leg kedua diciptakan trio MSN: Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Wenger mengatakan Barcelona punya sejumlah pemain yang bisa mengubah sepak bola menjadi sebuah pertunjukan seni.

“Barcelona punya dua atau tiga pemain yang bisa mengubah kehidupan biasa menjadi seni. Kami tidak menyesal telah tersingkir, Barcelona punya kualitas luar biasa di lini depan,” ucap Wenger.

Pelatih asal Perancis itu secara khusus mengeluarkan pujian untuk Messi, yang berhasil mencetak tiga gol dalam pertandingan dua leg melawan Arsenal. “Messi benar-benar luar biasa. Dia bermain 90 menit tanpa kehilangan sentuhan pertama, tidak masalah dari mana arah bola datang,” tegas Wenger.

Kekalahan di Camp Nou memperpanjang rekor buruk Arsenal di tanah Spanyol. Kemenangan terakhir Arsenal di Spanyol terjadi ketika mengalahkan Real Madrid 1-0 di Santiago Bernabeu pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions lewat gol Thierry Henry, 21 Februari 2006.

Penghuni Perempat Final

Barcelona dan Bayern Munich menjadi dua tim terakhir yang berhasil memastikan langkah ke perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan Arsenal dan Juventus, Rabu (16/3) malam waktu setempat.

Barcelona berhasil mengalahkan Arsenal 3-1 pada leg kedua yang berlangsung di Camp Nou lewat gol Neymar, Luis Suarez, dan Lionel Messi. Juara bertahan itu lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 5-1 atas The Gunners.

Sementara Bayern harus susah payah menyingkirkan Juventus. Tim asuhan Pep Guardiola itu menang 4-2 di leg kedua lewat babak tambahan dan lolos dengan agregat 6-4.
Di pertandingan sebelumnya, Manchester City menjadi satu-satunya wakil Inggris di perempat final setelah menyingkirkan Dynamo Kiev 3-1. Ini kali pertama ManCity menembus babak perempat final Liga Champions.

Perancis punya satu wakil yakni Paris Saint-Germain yang sukses menyingkirkan Chelsea 4-2. Portugal juga memiliki satu waktil setelah Benfica mengalahkan salah satu kuda hitam di Liga Champions musim ini, Zenit St. Petersburg, dengan keunggulan agregat 3-1.

Jerman memiliki dua wakil. Selain Bayern, runner-up Bundesliga musim lalu VfL Wolfsburg juga melangkah ke perempat final usai menyingkirkan Gent dengan kemenangan 4-2.

Spanyol menjadi negara dengan wakil terbanyak di perempat final. Dua finalis Liga Champions 2014, Real Madrid dan Atletico Madrid menemani Barcelona sebagai wakil Spanyol di babak delapan besar.
Madrid menang agregat 4-0 atas AS Roma, sementara Atletico lolos ke perempat final lewat drama adu penalti melawan PSV Eindhoven.

Undian perempat final akan berlangsung di Nyon, Swiss, Jumat (18/3), bersamaan dengan undian delapan besar Liga Europa. Delapan tim di perempat final adalah Manchester City, Paris Saint-Germain, Bayern Munich, Wolfsburg, Benfica, Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid (CNN Indonesia)

Foto : Arsenal tersingkir di 16 besar setelah kalah 1-5 dari Barcelona.