Amankan Prosesi Semana Santa, Polres Flotim Bentuk 50 Pos Pam

by -114 views

Kupang, mediantt.com – Gereja Katholik Keuskupan Larantuka sejagat akan merayakan prosesi tahunan Semana Santa. Hajatan religius itu akan melibatkan berbagai umat dari berbagai penjuru dunia. Karena itu, demi keamanan prosesi suci yang sakral itu, Polres Flores Timur membentuk 50 pos pengamanan (Pam).

Untuk mengamankan jalannya perayaan Semana Santa di Larantuka, Polres Flores Timur telah mempersiapkan pengamanan. Pengamanan akan difokuskan pada 50 pos,” kata Kapolres Flotim, AKBP Ferry Boedhianto, kepada wartawan, Kamis (17/3).

Ia mengatakan, 50 pos itu adalah 10 pos lalu lintas, 21 pos rute prosesi, 8 pos arminda, dan 11 pos tetap. Prosesi ini akan terbagi dua yakni prosesi darat yang dimulai dari pukul 19.00 wita hingga 03.00 wita, dan prosesi Laut yang dimulai pukul 11.00 wita hingga 13.00 wita.

Ia menjelaskan, pengamanan akan menerjunkan 497 personil gabungan Polres, Kodim  1624/Flotim, dan pemuda gereja, dan unsur lainnya, serta 20 personil BKO Lanal Maumere, dan Polda NTT sebanyak 150 personil. “Total keseluruhan personil yang terlibat dalam pengamanan prosesi paskah tersebut berjumlah 516 personil,” katanya.

Selain melakukan pengamanan, sebut dia, pihaknya juga melakukan antisipasi timbulnya gangguan kamtibmas yang dimungkinkan dapat mengganggu berlangsungnya Prosesi Semana Santa, berdasarkan pengamatan inteligen dan keamanan.

“Gangguan Kamtibmas yang diantisipasi diantaranya overload peserta prosesi, terutama antisipasi lonjakan penumpang baik melalui bandar udara maupun kapal laut, serta antisipasi kejadian-kejadian darurat ketika berlangsungnya prosesi laut, dari bahaya kapal tenggelam, dan lainnya, serta jumlah penumpang yang berdesak-desakan dan perlu diantisipasi,” kata Boedhianto.

Ia juga mengatakan, gangguan kamtibmas lainnya yang cukup menyita perhatian yakni tindakan kriminal, terlebih kasus pencurian (Pasal 363 KUHP), serta tindakan krimimal lainnya selama berlangsungnya prosesi Semana Santa.

Secara terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTT AKBP Jules Abraham Abast mengatakan, dalam pengamanan perayaan paskah, 1.700 personil Polda NTT dan polres jajaran, serta didukung oleh Korem 161/Wirasakti dan Kodim-kodim, organisasi kepemudaan GMIT, Keuskupan Agung, serta pemuda lintas agama, serta tokoh masyarakat.

Menurut dia, terkait pengamanan Semana Santa di Larantuka, Polda NTT melakukan BKO pasukan sebanyak 150 personil, terdiri dari Brimob, tim Penjinakan Bahan Peledak (Jihandak), serta dua unit Kapal Ditpolair beserta personilnya.

Ia menambahkan, selain mengamankan situasi selama perayaan paskah, pihaknya juga akan melakukan pengamanan pada sejumlah obyek vital, serta tempat wisata yang akan ramai dikunjungi pada saat libur paskah.

Juga akan melakukan pengawalan teradap rute pelaksanaan prosesi paskah tahunan di Kota Kupang, serta pengamanan kapela, rumah pemimpin umat dan tempat lainnya yang dijadikan tempat pelaksanaan prosesi paskah.

“Kita berharap agar dengan bantuan pengamanan dari kepolisian dapat menjaga situasi selma berlangsungnya paskah agar tetap kondusif,” ujarnya. (che)

Foto : Prosesi Laut Tuan Menino di Larantuka, Flores Timur.