Lelang Jabatan Cuma Formalitas, Nama Pejabat Sudah di Kantong Bupati

by -37 views

Maumere, mediantt.com – Pemkab Sikka segera menggelar lelang jabatan untuk mengisi tiga jabatan lowong. Desas-desus mengabarkan bahwa lelang jabatan ini hanya formalitas saja, karena nama pejabat sudah ada di kantong Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera.

Tiga jabatan eselon dua yang lowong itu yakni Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum Pertambangan dan Energi (PUPE), dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Bappeda Sikka lowong sejak ditinggalkan Zakarias Heriando Siku yang terbentur masalah dugaan tindak pidana korupsi Pembangunan Pasar Alok. Dia sendiri sudah divonis bebas oleh Pengadilan Tinggi Tipikor Kupang, dan sementara masih menunggu putuasan Mahkamah Agung. Pelaksana Tugas dipercayakan kepada Sekretaris Bappeda Alfrin Parera.

Sementara dua dinas yang lain lowong pejabat menyusul mutasi pejabat eselon dua yang dilakukan Bupati Ansar Rera beberapa waktu lalu. Fred K. Djen dimutasikan dari Dinas PUPE ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sikka, sedangkan Lukman dimutasikan ke Badan Kesbangpol. Sekretaris Dinas PUPE Femmy Bapa dan Sekretaris DKP Herry Nidi dipercayakan sebagai pelaksana tugas pada masing-masing dinas.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sikka Konstantinus Tupen yang dihubungi di sela-sela kegiatan Musrenbang, Kamis (10/3), menjelaskan saat ini sudah 9 pejabat yang mendaftar untuk mengikuti lelang jabatan.

Sembilan pejabat itu adalah Alfrin Parera, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan, Anicetus da Rato, Camat Nele Robby Idong dan Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Petrus Helermus untuk Bappeda, Sekretaris Dinas Perindag Tommy Lameng dan Kabag Pembangunan Daniel Ratu untuk Dinas PUPE, serta Herry Nidi, Sekretaris BKD Rudolfus Ali dan Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Paul Bangkur untuk DKP.

Dari seleksi administrasi, sembilan pejabat ini sudah dinyatakan lolos, untuk kemudian mengikuti uji kompetensi dan wawancara. Rencananya uji kompentensi dan wawancara akan digelar pada Senin (14/3) oleh Tim Asesor dari Pemerintah Provinsi NTT, bertempat di Aula Setda Sikka.

Menurut Tupen, hasil kerja Tim Asesor akan diserahkan dalam bentuk rekomendasi kepada Bupati Sikka. Dalam rekomendasi tersebut, Tim Asesor akan menyertakan tiga nama secara acak untuk masing-masing jabatan yang lowong. Seluruh kewenangan dan keputusan menjadi hak prerogatif Bupati Sikka.
Dengan mekanisme ini, tampak sekali Bupati Sikka memiliki kewenangan penuh menentukan pejabat yang akan mengisi lowong jabatan. Tupen tidak mau memberikan tanggapan ketika disebut lelang jabatan ini hanya bersifat seremonial saja.

Anicetus da Rato, salah satu peserta lelang jabatan untuk Bappeda Sikka mengaku sudah sangat siap untuk mengikuti seluruh proses ini. Dia meyakini Bupati Sikka akan menempatkan pejabat yang sesuai dengan jabatan yang lowong.

Dari desas-desus di tengah kalangan aparatur sipil negara, terbetik kabar Kepala Bappeda Sikka kemungkinan besar dipercayakan kepada Alfrin Parera atau Anicetus da Rato. Sementara Dinas PUPE cenderung menjadi milik Tommy Lameng, dan DKP lebih kuat kepada Herry Nidi. Faktor politis dan politik balas jasa sepertinya juga ikut menjadi pertimbangan. (vicky da gomez)

Foto: Kepala BKD Sikka Konstantinus Tupen