Kemampuan Terbatas, Bupati Sikka Prioritaskan Program Pro Rakyat

by -64 views

Maumere, mediantt.com – Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera mengatakan kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan masih terbatas. Karena itu, ia mendorong semua kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Sikka untuk memrioritaskan program-program yang pro rakyat pada tahun 2017.

“Kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan masih terbatas, untuk itu perlu kesadaran dan pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut, bahwa tidak semua program akan dapat didanai, tetapi haruslah disusun prioritas dari daftar panjang program-program yang ada,” kata Bupati Ansar Rera ketika membuka Musrenbang Kabupaten tahun 2016 di Auditorium Kampus Unipa Maumere, Kamis (10/3).
Musrenbang dengan tajuk ‘Memantapkan infrastruktur menuju kemandirian dan kesejahteraan’ ini, dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Tahun 2017.

Kegiatan ini merupakan proses lanjut dari Musrenbang di masing-masing desa yang telah dilaksanakan pada Januari 2016, dan Musrenbang RKPD di kecamatan pada 10-22 Februari 2016, serta Forum SKPD pada 5-6 Maret 2016.

Karena itu, bupati meminta perhatian Kepala SKPD untuk prioritaskan program-program rakyat, dan sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan dalam dokumen RPJMD. Selain itu, perlu juga dicari peluang pendanaan dari sumber lain, baik dari APBD Provinsi, APBN atau pun kerja sama swasta dalam rangka investasi

Dia mengatakan, keakuratan data sebagai basis perencanaan haruslah diperkuat, sehingga tidak terjadi salah perencanaan yang mengakibatkan tidak efektif dan efisiennya pembangunan.

Ia juga mengingatkan adanya kerja sama dan sinergitas dengan kebijakan pembangunan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, sehingga berbagai isu dan permasalahan yang berkembang dapat segera direspons ke arah yang lebih baik.

Bupati Ansar Rera menambahkan, pembangunan juga harus mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan lingkungan. Dalam upaya eksplorasi dan eksploitasi sumber-sumber daya alam untuk tujuan ekonomi dan pembangunan, haruslah diingat bahwa masih ada generasi mendatang yang juga harus hidup dari kekayaan yang dinikmati sekarang.

Saat itu, Bupati Ansar Rera juga menyerahkan buku kinerja paruh waktu penyelenggaraan pemerintahan 2013-2018 kepada Forkopimda dan beberapa pimpinan agama.
Juga, menyerahkan piagam kepada enam kecamatan yang dinilai terbaik ketika melaksanakan Musrebang Tingkat Kecamatan, yakni Kewapante, Alok, Kangae, Magepanda, Mego, dan Alok Timur. Menurut Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Sikka Alfrin Parera, enam kecamatan itu dinilai terbaik setelah memenuhi 27 indikator penilaian. (vicky da gomez)

Foto: Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera menyerahkan buku tentang kinerja paruh waktu penyelenggaraan pemerintahan 2013-2018 kepada Forkopimda dan pimpinan agama, Kamis (10/3).