Siswi SMAN Dua Komodo Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah

by -88 views

Labuan Bajo, mediantt.com – Ketika namanya diumumkan dewan juri perlombaan karya tulis ilmiah dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar Persatuan Wartawan Manggarai Barat (PWMB), Klaratia Bunda Borgias, 17, merasa terharu dan meneteskan air mata. Siswi Kelas 2 SMA Negeri II Komodo ini berhasil menyingkirkan lima peserta lainnya. Rati, begitu ia biasa disapa, meraih skor 575.

Disaksikan mediantt.com, kemarin, ketika Dewan Juri, Felix B Tukan membacakan namanya sebagai pemenang, tak henti-hentinya Rati Borgias meneteskan air mata. Mulai dari tempat duduknya sampai berdiri menerima piala, sertifikat dan uang sebagai hadiah utama, Rati Borgias terus meneteskan air mata haru.

“Klaratia Bunda Borgias mampu mempertanggungjawabkan makalahnya berjudul ‘Upaya Peningkatan Kebersihan Lingkungan Masyarakat Labuan Bajo’ di hadapan empat dewan juri,” kata Pater Peter Due, SVD, salah satu dewan juri kepada mediantt.com, Selasa (9/2) siang.

Menurut Pater Due, Rati Borgias mampu meraih nilai tertinggi dari empat jenis penilaian. Selain itu, Rati juga mampu mempertahankan tulisanya meski dicecar banyak pertanyaan mengenai metode penulisan dan tantangan lingkungan hidup di Labuan Bajo. “Anaknya semangat, punya jiwa menulis,” katanya.

Klaratia Bunda Borgias kepada mediantt.com mengatakan, judul soal kebersihan lingkungan itu sengaja diagkat karena realita yang ada di Labuan Bajo dan sekitarnya, dimana kesadaran masyarakat dan pemerintah sangat kurang. Sebagai solusi, sebut dia, hendaknya pemerintah Daerah Mabar membentuk intansi khusus untuk menangani sampah, seperti membentuk instansi Dinas Kebersihan. “Semua sudah saya ulas dalam makalah yang juga sudah saya jelaskan pada dewan jurii,” kata siswi jurusan Bahasa ini.

Sementara itu, Pembina Osis SMAN II Komodo, Paskalis Budiman mengatakan, Rati Borgias selain mendapat bimbingan khusus bahasa, dia juga sebagai pengurus Osis yang aktif di sekolah. “Mudah-mudahan teman-teman jurnalis bisa melaksanakan kegiatan yang sam untuk merangsang jiwa menulis bagi siswa-siswi sekolah,” ujarnya.

Untuk diketahui, Selasa (9/2) merupakan puncak HPN tingkat Kbaupaten Mabar yang diselenggarakan PWMB. Pada puncak acara itu, 9 siswa sekolah Labuan Bajo mempresentasikan makalahnya di hadapan empat dewan juri. Klaratia Bunda Borgias utusan dari SMAN II Komodo berhasil mendapat peringkat pertama, disusul Maria Ayu Ashari Halim, siswi SMAN 1 Komodo pada peringkat Kedua, pada peringkat ketiga diraih Frederika Sabar, dari SMK Stela Maris Labuan Bajo. (gerasimos satria)

Foto : Klaratia Bunda Borgias