Meriahkan HPN, Wartawan Mabar Gelar Lomba Karya Tulis

by -104 views

Labuan Bajo,mediantt.com – Wartawan di Manggarai Barat punya atensi yang luar biasa terhadap Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Feberuari 2016. Para kuli tinta yang terwadah dalam Persatuan Wartawan Manggarai Barat (PWMB) menggelar pameran foto dan lomba karya tulis ilmiah antar SMA sekota Labuan Bojo, yang dipusatkan di Aula Tourism Center Dinas Pariwisata Mabar.

Ketua PWMB, Servatinus Mammilianus di Labuan Bajo, Sabtu (6/2) menjelaskan. HPN 2016 yang dipusatkan di Mataram, Nusa tenggara Barat (NTB), namun par ajurnalis di Mabar juga memperingati hari bersejarah bagi para jurnalis itu di Labuan Bajo, dengan tema “Menjunjung Integritas Pers Mabar yang Bermartabat”.

Menurut dia, foto yang di pamerakan dan karya tulis ilmiah bertema “Lingkungan Hidup dan Pariwisata”. “Tema ini sengaja diangkat agar masyarakat luas dan pelajar sekota Labuan Bajo mengenal potensi pariwisata Mabar serta peduli dengan persoalan-persoalan lingkungan daerah,” kata wartawan Pos Kupang ini.

Ketua Panitia Paulus Y.A. Bataona menambahkan, pameran foto mulai dilaksanakan mulai 7-9 Februari 2016, sedangkan persentase karya tulis ilmiah bagi pelajar sekota Labuan Bajo dilaksanakan pada puncak kegiatan yakni 9 Februari 2016.
Ia mengatakan, dewan juri karya karya tulis ilmiah adalah Felix Beda Tukan (tata bahasa), Silvester Wangge (praktisi Pariwisata dan Budaya Mabar), Pater Peter Due, SVD (Lingkungan Hidup) dan Servantinus Mammilianus (Jurnalistik). Karya tulis yang dipersentasekan itu adalah enam karya tulis yang dinyatakan lulus persyaratan oleh empat dewan juri. “Hingga hari ini (Sabtu), ada belasan karya tulis yang sudah diperiksa dewan juri,” jelas wartawan Timex ini.

Ia juga menyebutkan, hadiah yang akan disapkan bagi pemenang berupa piala bergilir dan piala tetap. Juga, uang Rp 1.000.000 untuk juara 1,  Rp 750.000 untuk juara 2, dan juara 3 senilai Rp 500.000. Sementara untuk juara harapan 2 Rp 250.000.
“Hadiah ini untuk memberikan motivasi kepada pelajar tingkat SMA agar semakin mencintai kegiatan tulis menulis yang selama ini hanya dilakukan oleh wartawan,” ujarnya. (satria)

Foto : salah satu pengunjung sedang melihat foto-foto yang dipamerkan.