Bupati Sikka Deklarasikan Lepolima sebagai Desa STBM

by -118 views

Maumere, mediantt.com – Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera, Kamis (4/2), mendeklarasikan Desa Lepolima, Kecamatan Alok Timur, sebagai Desa STBM (sanitasi total berbasiskan masyarakat). Acara yang disaksikan oleh warga masyarakat desa ini dipusatkan di lapangan voli Desa Lepolima.

Tekad menjadikan Lepolima sebagai Desa STBM merupakan kerja sama antara Desa Lepolima, Puskesmas Beru, dan Dian Desa. Persiapannya sudah dimulai sejak tahun 2013. Puncak acara deklarasi yakni Bupati Ansar Rera membuka selubung papan Desa STBM. Papan ini rencananya akan dipancang di Kantor Desa Lepolima.

Hadir pada deklarasi ini antara lain Wakil Bupati Sikka Paolus Nong Susar, Kapolsek Alok Payong, Kasdim 1603 Sikka M. Basuki, Kepala Dinas Kesehatan Maria Bernadinu, Camat Alok Timur Frando da Lopez, Camat Nele Robby Idong, dan sejumlah tokoh masyarakat Desa Lepolima.

Dalam sambutannya, Bupati Yoseph Ansar Rera menyampaikan apresiasi atas tekad masyarakat Lepolima untuk menjadikan desa tersebut sebagai desa STBM. “Ini sejalan dengan program pembangunan di tingkat kabupaten,” katanya.

Dia mengatakan, pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Sikka, terdapat 7 program prioritas, yang salah satunya adalah bidang kesehatan untuk peningkatan derajat kesehatan. Tujuan ini dapat diwujudkan jika sasaran antara bisa tercapai yakni menurunkan angka kesakitan dan menurunkan angka kematian.

“STBM ini adalah salah cara untuk menurunkan angka kesakitan, karena itu saya sangat apresiasi atas tekad masyarakat untuk menjadikan desa ini sebagai Desa STBM. Tentu kita sangat berharap agar desa-desa lain pun mempunyai tekad seperti ini,” tutur Bupati Ansar Rera.

Dia lalu menguraikan secara garis besar tentang 5 pilar STBM, yaitu tidak buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun, mengolah air minum dan makanan dengan cara yang aman, mengelola sampah rumah tangga dengan benar, dan mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

Bupati Ansar Rera pun mendorong perilaku hidup bersih dan sehat kepada warga masyarakat serta mencegah penyakit berbasis lingkungan.

Camat Alok Timur Frando da Lopez mengatakan, deklarasi ini sebagai wujud tekad masyarakat Lepolima untuk berperilaku hidup sehat dan bersih. Ia berharap deklarasi ini menjadi pintu masuk bagi masyarakat untuk menunjukkan keseriusan mendukung pembangunan di bidang kesehatan.

Dalam acara deklarasi ini, sejumlah anggota PKK di desa itu menggelar teatrikal sederhana tentang bagaimana warga bertekad untuk berperilaku hidup sehat dan bersih. (vicky da gomez)

Foto: Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera membuka selubung simbol pendeklarasian Lepolima sebagai Desa STBM.