Antisipasi Rawan Pangan, Pemda TTU Siapkan 100 Ton Beras

by -33 views

Kupang, mediantt.com – Mengantisipasi rawan pangan di tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Timot Tengah Utara (TTU) menyiapkan sedikitnya 100 ton beras cadangan. Diperkirakan, stok beras 100 ton ini dapat mengatasi rawan pangan yang kemungkinan akan terjadi di 24 Kecamatan di Kabupaten TTU dibawah pengaruh anomali iklim.

Saat ini, dampak anomali iklim yang terjadi di wilayah NTT menyebabkan lahan petani yang sudah disiapkan sebelumnya untuk digunakan untuk menanam tidak  bisa dimanfaatkan lagi karena kurangnya curah hujan sejak awal musim tanam.
Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial, Simon Soge, kepada wartawan Sabtu (30/1) menjelaskan, pada prinsipnya Pemkab TTU telah menyiapkan segala sesuatu  sesuai kondisi daerah.

Menurutnya, stok beras cadangan beras sesuai kewenangan Bupati TTU disiapkan sedikitnya 100 ton untuk tahun 2016, namun saat ini belum bisa disalurkan sambil menunggu keputusan Bupati, atau penjabat bupati sekarang.
“Untuk antisipasi rawan pangan 24 Kecamatan di TTU, Pemerintah Kabupaten TTU menyiapkan sedikitnya 100 ton beras,“ kata Soge.

Ia juga mengatakan, meskipun pemerintah daerah telah menyediakan cadangan beras rawan pangan sebanyak 100 ton, namun dikhawatirkan tidak bisa mencukupi kebutuhan yang ada. Pasalnya, ancaman rawan pangan hampir terjadi di 24 Kecamatan yang ada di TTU.

Saat ini, lanjut Soge, harapan para petani ladang kering di Kabupaten TTU mulai pupus.  Bukan saja itu, stok cadangan pangan tiap rumah tangga mulai menipis karena bibit tanaman yang dipersiapkan juga habis dikonsumsi akibat rawan pangan yang mulai mengancam. (che)

Foto : Ilustrasi