Cuaca Kembali Normal, Nelayan Wiangapu Mulai Melaut

by -37 views

Waingapu, mediantt.com setelah sepekan tidak turun melaur karena hujan dan angin kencang, nelayan di Waingapu, Sumba Timur, mulai melaut kembali. “Cuaca sudah kembali normal, dan terhitung Senin (18/1), kami sudah mulai melaut. Tapi kami belum bisa jauh-jauh untuk mencari ikan karena takut angin dan gelombang yang datang tiba-tiba,” tutur Shole, salah seorang nelayan Kota Waingapu saat ditemui Selasa (19/1).

Ia mengatakan, untuk sementara ini nelayan hanya mencari ikan di posisi tak jauh dari pesisir pantai sambil memantau keadaan cuaca yang biasa datang secara mendadak atau skstrim. “Kita masih melaut di pinggir-pinggir saja, belum berani untuk ke tengah laut sebab angin dan gelombang biasa datang dengan tiba-tiba,” katanya.

Hal senada diungkapkan nelayan lainnya, Mansyur Muslim. Menurut Sekretaris Asosiasi Nelayan Waingapu ini, selama satu minggu para nelayan tidak melaut karena cuaca ekstirm di laut.

“Kami juga selalu menghimbau kepada teman-teman nelayan agar berhati-hati untuk melaut walaupun dalam pekan ini cuaca agak membaik, tapi kita harus tetap waspada,” katanya, mengingatkan.

Menurut dia, pada bulan ini (Januari) masih terjadi musim barat atau angin barat yang sangat kencang, juga datangnya angin secara tiba-tiba. “Kami tidak bisa prediksi karena anginnya sebentar reda, sebentar keluar mendadak. Jadi kita selalu berhati-hati dan saling mengingatkan kepada teman-teman nelayan. Mudah-mudahan dalam minggu ini cuaca sudah membaik,” ujarnya berharap. (budin)

Foto : Para nelayan Kota Waingapu sedang mempersiapkan kelengkapan sebelum turun melaut.