Loh, Kenapa Hakim Biarkan Terdakwa Cabul ‘Bebas’

by -103 views

Kupang, mediantt.com – Hingga saat ini Set Blegur, oknum polisi yang bertugas di Polres Kupang Kota, berkeliaran bebas bahkan melintas hingga Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Blegur merupakan terdakwa dalam kasus pencabulan anak di bawah umur.

Humas PN Klas I A Kupang, Jimmy Tanjung Utama kepada wartawan, Selasa (12/1) menjelaskan, terdakwa tidak ditahan karena berbagai pertimbangan dan alasan yang dipertimbangkan oleh majelis hakim yang menyidangkan perkara itu yakni Ida Ayu.

Menurut Tanjung, beberapa alasan hingga tidak ditahan seperti terdakwa kooperatif, tidak menghilangkan barang bukti serta selalu hadir pada setiap sidang digelar.

“Terdakwa tidak ditahan karena ada beberapa alasan logis yang menjadi pertimbangan majelis hakim yang sidangkan kasua itu,” kata Tanjung.

Selain itu, lanjut Tanjung, terdakwa pernah ditahan dalam kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan kini sedang menjalani masa tahanan selama 6 bulan, karena kasus tersebut telah divonis oleh hakim sebelumnya.

Sesuai aturan hukum yang berlaku, sebut Tanjung, jika seseorang terlibat dalam kasua yang berbeda maka tidak ditahan karena sedang menjalani masa tahanan yang sudah inkra dalam perkara lain.

“Terdakwa saat ini sedang menjalani masa tahanannya dalam perjara KDRT yang sudah diputus. Jadi kami tidak bisa tahan terdakwa,” terang Tanjung. Namun, terang Tanjung, majelis hakim bisa saja mengeluarkan surat perintah penahanan kepada jaksa penuntut umum untuk menahan tersangka, jika hakim melihat sesuatu yang ganjil dalam persidangan.

“Hakim bisa keluarkan surat perintah penahanan kepada JPU kalau ada sesuatu yang mencurigakan, tapi itu semua tergantung hakimnya saja,” kata Tanjung.

Ketika ditanya apakah karena terdakwa merupakan salah satu anggota Polri sehingga tidak ditahan, Tanjung membantah itu. “Tidak ada perbedaan ataupun perlakuan spesial dari hakim untuk terdakwa. Yang jelas, hakim bisa memerintahkan JPU untuk menahan terdakwa namun itu bergantung pada hakim yang menyidangkan perkara itu,” tegasnya. (che)

Foto: Jimmy Tanjung Utama