TNI Musnahkan Puluhan Dus Sembako Ilegal

by -119 views

Kupang, mediantt.com – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) penjaga perbatasan RI-RDTL,  Selasa (5/1), memusnahkan puluhan dus sembako yang ditinggalkan pemiliknya di samping Pos Napan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Puluhan dus sembako yang dimusnahkan TNI penjaga perbatasan RI-RDTL, sebelumnya diamankan melalui jalan tikus yang sering digunakan untuk melakukan transaksi illegal ke RDTL. Sayangnya, pemilik barang illegal tersebut berhasil kabur dari pengejaran pihak TNI.

Sembako yang hendak diselundupkan ke RDTL itu nilainya mencapai puluhan juta rupiah.
Letkol. Arm. Teguh Tri Prihanto Usman selaku Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat kepada wartawan mengaku kesulitan menangkap para penyelundup sebab para penyelundup lebih mahir dalam menguasai medan yang terjal. Bahkan mereka sudah memiliki mata- mata untuk mengawasi jadwal patroli petugas TNI di Pos TNI Napan agar mereka bisa lolos dari sergapan.
Dijelaskan, lantaran pemiliknya tidak diketahui sehingga TNI memilih untuk memusnahkan barang sitaan yang berisi roti kering 15 dos, mentega blue band 4 dos  kopi bubuk 6 dus,  minyak goreng 90 liter, coklat butiran 3 karung, benang wol 1 karung dan handbody 1 dus.

“Dengan jumlah segini pasti ada unsur ekomonis, sehinga kita harus musnahkan. Ini kita lakukan agar masyarakat luas tahu bahwa penyelundupan sembako dan BBM tidak dibenarkan, “ kata Usman.
Ia menambahkan, pemusnahkan barang sitaan itu dilakukan di belakang Pos TNI Napan,  dan disaksikan pihak imigrasi dan bea cukai,  polisi serta unsur pemerintahan kecamatan Bikomi Utara. Bahkan upaya pemusnahan barang sembako ilegal ini malah menjadi tontonan warga Desa Napan. (che)

Foto : Gerbang Pos Perbatasan Napan, TTU.