Dasa Wisma Flamboyan Dapat Penghargaan dari Presiden

by -26 views

Ende, mediantt.com – Kelompok Dasa Wisma dari Desa Likanaka, Kecamatan Wolowaru, berhasil mendapatkan tropi dan penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo.Tropi dan penghargaan langsung diterima ketua kelompoknya Sisilia Sona, Kamis (31/12/2015) di Istana Negara.Disamping tropi dan piagam penghargaan juga menerima uang pembinaan sebesar Rp 10 juta.

Ketua kelompok Dasa Wisma Desa Likanaka Sisilia Sona ditemui di halaman kantor Bupati Ende usai penyerahan secara simbolis tropi dan piagam oleh Bupati Ende Marcel Petu mengatakan, rasa bangga dan terharu karena dirinya sebagai seorang petani bisa menginjakan kakinya di istana negara dan bertemu dengan Presiden Jokowi.
“Perasaan saya sangat terharu karena tidak membayangkan sebelumnya dan tidak berpikir pembentukan dasa wisma kami bisa sampai di istana negara dan bertemu Presiden Jokowi,” kata Sisilia Sona.

Dia menyebutkan, usaha yang dirintis kelompok dasa wisma yang dipimpinnya adalah usaha pemanfaatan  pekarangan rumah dengan menanam sayur-sayuran,apotik hidup, pemeliharaan ternak seperti ayam kampung dan pemeliharaan ikan air tawar.
“Di samping kami memiliki kebun contoh tapi kami juga punya usaha sendiri di pekarangan termasuk juga pemeliharaan ikan air tawar,” sebut Sisilia Sona. Dia menyatakan, pembentukan awal kelompok Dasa Wisma tidak memiliki modal namun karena tekad dan kesadaran anggota makanya kelompok ini bisa berkembang maju.
“Tidak ada bantuan dari siapapun saat pertama kali kami mulai bentuk dan juga sejak berdirinya di tahun 2011 hingga sekarang bantuan dari Pemerintahpun tidak ada,” kata dia.

Dia mengatakan, mulai dari perencanaan dan pelaksanaan di lapangan dilakukan oleh 21 anggota dasa wisma termasuk pengurus. Meski jatuh bangun, toh pada akhirnya mendapat penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo dengan memberi tropi, piagam dan uang pembinaan.
Ibu tiga anak ini mengatakan, ketika di Istana ada harapan dan keinginan yang akan disampaikan ke Presiden terutama soal listrik, namun waktu yang diberikan cuma tiga puluh menit sehingga dirinya belum bisa menyampaikan apa yang menjadi harapam kelompok pada khususnya dan masyarakat Desa Likanaka pada umumnya soal listrik.
Berkaitan dengan hasil dari tanaman pekarangan, dia menyebutkan, dikonsumsi sendiri dan selanjutnya juga dijual kepada warga lainnya di luar desa.

Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Ende Matilda Gaudensia Ilmoe Petu menyatakan, rasa bangga bahwa Kelompok Dasa Wisma Flamboyan berhasil meraih tropi dan penghargaan dari Presiden RI. Dia berharap ini menjadi motivasi bagi ibu-ibu lainnya dalam memanfaatkan pekarangan untuk tanaman produktif.
“Tentu tujuan utama bukan pada meraih penghargaan namun demi untuk memperbaiiki gizi keluarga dengan menanam sayuran,memelihara ternak termasuk membuat tambak ikan sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membelinya” kata Gaudensia Petu.

Ia mengatakan, PKK dengan Pokja III juga turut berperan meski BKP3 yang menjadi instansi yang mengikutsertakan kelompok Dasaa Wisma Flamboyan untuk mengikuti lomba. “BKP3 telah menyaring dan kelompok ini menjadi juara di tingkat kabupaten, selanjutnya ditingkat. Propinsi dan selanjutnya di kirim ke tingkat nasional dan menjadi juara Pelaku Pembangunan tingkat Nasional” kata Gaudensia.
Sebagai Ketua Tim Penggerak PkK dirinya terus turun ke 21 kecamatan untuk memberi motivasi kepada para ibu khususnya kelompok Dasa wisma yang ada soal pemanfaatan pekarangan rumah dengan tanaman yang siap di konsumsi.
Kepada Kelompok Dasa Wisma Flamboyan dari Desa Likanaka ini, dia juga memberikan jagung pulut dan jagung hibrida untuk bisa dibudidayakan. (ale)

Foto : Sisilia Sona mendapat ucapan selamat dari Bupati Marcel Petu pada apel hari Senin (4/1).