Seluruh Kesatuan Siaga Penuh Amankan Kunjungan Presiden

by -99 views

Kupang, mediantt.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi, akan merayakan Natal Nasional di Kupang. Seluruh kekuatan dari semua kesatuan, baik Polri, TNI AU, AD dan AL, siaga penuh mengamankan kunjungan Presiden Joko WIdodo. Seluruh NTT dinyatakan disteril dari berbagai ancaman dan gangguan. Persiapan panitia daerah pun sudah mencapai 80 persen.

Presiden dijadwalkan akan menuju Labuan Bajo untuk meresmikan Bandara Komodo,lalu ke Kupang untuk merayakan Natal Nasional dan akhirnya ke Kabupaten Belu untuk melakukan ground breaking pembangunan Bendungan Rotiklot.

Danrem 161 Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Inf Heri Wiranto, Sabtu (26/12) menjelaskan, setiap personil TNI disiagakan disetiap titik. Selain itu, pihaknya melaksanakan operasi Komando dari Kodam 9 Udayana yang juga melibatkan Satgas Pamwil unsur Polda.

“Kita siapkan pengamanan di masing-masing titik. sejauh ini kita melaksanakan pengamanan komando operasi dari panglima kodam 9 udayana, kemudian kita satgas pamwil unsur polda, kita siapkan kurang lebih dua ribu, delapan ratus orang baik di labuan bajo, kupang dan di atambua atau belu. dan nati itu juga disiapkan unsur-unsur cadangan jika dibutuhkan karena kemudian kegiatan presiden cukup tinggi sehingga kita antisipasi segala kemungkinan. pada prinsipnya personil yang disiapkan sudah siap dan NTT kami steril, “ kata Danrem.

Secara terpisah, Ketua panitia daerah, Yohana Lisapaly, menjelaskan, sejauh ini persiapan panitia daerah bagi Presiden RI untuk kegiatan Natal Nasional di NTT sudah mencapai 80 persen.

“Sampai sejauh ini, persiapan sudah sekitar 80 persen. besok, saya pastikan sudah capai 90 persen lebih, dan malam ini kita akan lengkapi sehingga hari h-nya pada tanggal 28 nanti bisa 100 persen, “ tegas Yohana.

Sementara pengamanan lainnya, Angkatan Laut menyiagakan tiga unit kapal perang  perairan di Labuan Bajo, perairan Timor dan perairan Atambua, yang berbatasan dengan negara Timor Leste dan Australia jelang kunjugan Presiden Joko Widodo ke NTT.(che)

Foto : Danrem sedang memeriksa pasukan.