Mulai Januari, Harga Premium Rp 7.150 Per Liter

by -72 views

JAKARTA – Sesuai perkiraan, Pemerintah akhirnya menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar. Adapun harga baru setelah penurunan adalah Rp 7.150 per liter untuk premium dan Rp 5.950 per liter untuk solar.

“Bahan bakar premium menjadi Rp 7.150 dan solar menjadi Rp 5.950,” ujar Menteri ESDM Sudirman Said saat jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Menurut Sudirman, harga baru BBM tersebut mulai berlaku pada tanggal 5 Januari 2016. “Harga baru itu berlaku pada 5 Januari 2016,” ujar Sudirman Said.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, mengatakan, harga bahan bakar minyak memang sudah waktunya turun menyusul rencana pemerintah menurunkan harga BBM bersubsidi untuk Januari 2016.

“Saya kira memang sudah waktunya (turun) karena harga energi di dunia terus merosot,” katanya, di Jakarta, Rabu, seperti dilansir Antara.

Menurut menteri yang kemarin mengklarifikasi soal bebas visa bagi warga negara Israel jika berkunjung ke Indonesia itu, ada sejumlah alasan mengapa penurunan harga BBM sudah saatnya dilakukan.

“Pertama yakni karena harga energi di dunia yang saat ini tengah merosot. Harga minyak dunia bahkan anjlok hingga di bawah 40 dolar Amerika Serikat per barel. Harga tersebut diklaim sebagai harga terrendah sepanjang 11 tahun terakhir,” kata dia.

Alasan kedua, yaitu karena peningkatan suplai yang tidak dibarengi permintaan yang berkurang akibat perlambatan ekonomi global.

“Dan ketiga, yang juga sangat penting, adalah temuan ladang minyak besar di utara Rusia. Cadangannya sangat besar sekali dan itu punya pengaruh terhadap harga minyak mentah,” kata menteri yang kondang dengan ucapan “rajawali ngepret”-nya ini.

Dengan alasan-alasan tersebut, lanjut Ramli, maka sudah sepantasnya pemerintah menurunkan harga BBM. (net/jk)

Foto : Ilustrasi BBM