80 Ribu Polisi Jaga Keamanan Perayaan Natal

by -29 views

JAKARTA – Sebanyak 80 ribu polisi dari berbagai Polda akan dikerahkan dalam Operasi Lilin 2015 untuk menjaga keamanan perayaan Natal 25 Desember 2015 dan Tahun Baru 2016 di seluruh Indonesia.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (17/12) mengatakan TNI juga mengerahkan sekitar 70 ribu personel untuk mendukung operasi itu. Beberapa polda yang masuk prioritas utama tersebut diantaranya Polda Metro Jaya, Polda Sumut, Polda Jabar, Polda Jateng, Polda DIY, Polda Jatim dan Polda Bali. Polda-polda lainnya menjadi prioritas pengamanan kedua.

Sebanyak 13 polda menetapkan status Siaga I untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan, ancaman teror menjadi prioritas kerawanan pertama dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Ya, selalu potensi ancaman teror, selalu kami tempatkan di urutan yang pertama karena itu merupakan suatu ancaman yang setiap saat bisa terjadi manakala aparat keamanan, termasuk juga kewaspadaan dari masyarakat lengah,” seru Kapolri usai memimpin upacara keberangkatan Satuan Tugas Formed Police Units (Satgas FPU) Indonesia VIII ke Sudan di Mabes Polri, Kamis (17/12), seperti dilansir sinarharapan.com.

Kapolri mengemukakan, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri menyiagakan 80.000, kemudian dari satuan terkait, TNI ada 70.000.

Sebanyak 13 polda yang ditetapkan status Siaga I pengamanan Natal dan Tahun Baru yaitu Polda Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

“Ini jadi prioritas karena berdasarkan kegiatan-kegiatan saat Natal dan pergantian Tahun Baru, serta aktivitas masyarakat dan juga tingkat kerawanannya. Jadi, kami tetapkan jadi prioritas pertama. Sisanya prioritas kedua. Ini yang kami siapkan,” kata Kapolri.

Penetapan Siaga I, menurut Kapolri, telah berlangsung sejak 7 Desember sebelum pelaksanaan pilkada serentak hingga Operasi Lilin (pengamanan Natal dan Tahun Baru) tuntas.

Beberapa sasaran lokasi pengamanan Natal dan Tahun Baru, yaitu tempat ibadah, terminal, pelabuhan, bandara, stasiun, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, atau tempat-tempat yang dimanfaatkan masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun. Kapolri juga berpesan masyarakat tak merayakan malam pergantian tahun dengan berlebih, termasuk dengan pesta narkoba.

“Ya, biasanya malam Tahun Baru, pergantian tahun tentu banyak masyarakat bersukaria. Kemarin sudah disampaikan arahan Pak Presiden supaya pergantian Tahun Baru tidak dirayakan secara berlebihan karena ekonomi kita sedang kurang membaik. Namun, kami tidak bisa membatasi secara full apa yang dilakukan masyarakat,” ucap Kapolri.

“Karena itu, bagaimana pun kita harus siapkan pengamanan. Nah, kerawanan-kerawanan biasanya ada balap liar, kebut-kebutan, dan pesta miras bisa menimbulkan keributan selalu kami antisipasi,” tuturnya.

2.000 Personel TNI Amankan Aceh Singkil

Komandan Korem (Danrem) 012 Teuku Umar (TU) Kolonel Arh Ruruh A Setyawibawa mengatakan, telah mempersiapkan sekitar 2.000 prajurit untuk mengamankan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2016 di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

“Jadi kita bersama Polri siaga mengantisipasi jangan sampai kejadian di Kabupaten Aceh Singkil terulang kembali. Untuk pengamanan Natal 25 Desember 2015 ini kurang lebih ada 2.000 personil sudah siap untuk dikerahkan,” katanya daidampingi Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah di Meulaboh, Aceh Barat, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan di sela-sela menghadiri serah terima bantuan logistik korban bencana Gubernur Aceh kepada masyarakat korban banjir di lokasi Masjid Baitul Makmur Meulaboh yang diterima oleh

Danrem Ruruh menyatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil memberikan respon sangat baik dalam rangka penanganan antisipasi Natal, semua upaya antisipasi telah disusun sedemikian rupa.

“Intinya satu, kita jaga kedamaian. Kita juga menghargai bagi mereka yang merayakan Natal, karena mereka juga merupakan warga kita,” jelas Danrem yang didampingi Komandan Kodim 0105 Letkol Jaka Sutanta.

Wilayah teritorial Korem 012 TU mencakupi sembilan kabupaten/kota di Aceh, mulai dari Kota Sabang, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Simeulue, Kota Subulussalam dan Aceh Singkil. (sh/sp/ant)

Ket Foto : Dua anggota polisi sedang menjaga keamanan di katedral Jakarta saat perayaan Natal tahun lalu.