Aliansi Jurnalis Community Terbentuk di Ende

by -175 views

Ende, mediantt.com – Aliansi Jurnalis Community (AJC) Ende sebagai wadah persatuan para jurnalis Independen yang berkarya di Ende, resmi terbentuk. Hadirnya wadah ini untuk mengawal segala proses pembangunan yang ada di Kabupaten Ende maupun di kabupaten tetangga melalui pemberitaan di mass media masing-masing.
Ketua terpilih AJC Ende, Hendrik R Beni, ditemui usai pembentukan AJC Ende, Kamis (17/12) mengatakan, sebagai salah satu pilar demokrasi dari tiga Pilar lainnya, media massa memiliki peran yang amat penting. Karena itu, pekerja media yang merupakan bagian dari pilar ini terpanggil untuk membentuk Aliansi Jurnalis yang independen demi mengawal segala proses pembangunan yang ada.
“Aliansi Jurnalis ini bersifat Independen, tidak memihak salah satu kelompok kepentingan, tidak berafiliasi kepada seseorang atau sekelompok orang. AJC ini murni untuk mengawal dan memberi kritik kepada siapapun baik itu eksekutif maupun legislatif serta masyarakat  lewat pemberitaan sehingga proses pembangunan bisa berjalan sesuai dengan koridor yang ada,” tandas Hendrik R Beni, wartawan Senior dari Mingguan Expo NTT ini.
Ia menyebutkan, keberadaan AJC ini untuk menyamakan persepsi para Jurnalis untuk sehati dan sesuara menyuarakan kaum tak bersuara dan juga untuk mengingatkan kembali para anggotanya akan etika jurnalis jika dalam perjalanan sudah melenceng dari semangat seturut UU Pers.
“Berkumpulnya para jurnalis dalam satu wadah untuk saling berdiskusi dan mengingatkan untuk selalu  berjalan dalam semangat yang sama sesuai etika Pers ,” kata Beni, sudah  tiga puluh tahun lebih berkarya di dunia Pers . Kata dia, ke depan juga akan dilakukan diskusi dan bakti sosial bersama stakeholder dan akan melakukan kerja sama dengan pemerintah maupun swasta dalam bentuk apapun demi membangun Kabupaten Ende.
Wakil Ketua AJC Ende Fransiskus Bara mengatakan, sudah saatnya dibentuk wadah organisasi jurnalis. Menurutnya, dengan adanya wadah ini juga bisa menjembatani keinginan masyarakat dalam menyalurkan aspirasi mereka melalui media  masing-masing anggota.
“Kita saling mendukung dan saling mengingatkan antara  anggota agar dalam pemberitaan harus sesuai dengan fakta di lapangan, bukan titipan siapa-siapa” kata Pemred  Tabloid Kelimutu Pos ini.
Ia mengatakan, ke depan keanggotaan akan terbuka untuk rekan-rekan lainnya yang berada di luar kabupaten Ende yang ingin bergabung dan yang memiliki visi dan misi yang sama. “Wadah ini terbuka bagi rekan-rekan lainnya yang mau bergabung dan yang memiliki visi dan misi yang sama demi membangun daerah,” kata Son Bara.
Untuk diketahui, meski di tengah nada miris dan cibiran berbagai pihak akan keberadaan AJC, karena ditengarai punya agenda lain, namun secara tegas pengurus AJC mengatakan, tidak ada muatan lain selain memperjuangkan kepentingan publik , mengkritisi kebijakan pemerintah lewat tulisan para jurnalis. Hendrik Beni terpilih secara aklamasi sebagai Ketua, Sekretaris Alex RS dari Timex dan Wakil Ketua Fransiskus Bara dan Bendahara Wili Sumardin. (ale)

Ket Foto : Ketua Aliansi Jurnalis Community, Hendrik Beni.