Polres Sikka Ajak Masyarakat Tertib Berlalulitas

by -124 views

Maumere, mediantt.com – Untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang menyebabkan orang meninggal di Kabupaten Sikka, saat ini Polres Sikka tak henti-hentinya mengajak masyarakat pengguna jalan, baik berkendaraan roda dua maupun roda empat, untuk senantiasa menjadikan tertib berlalulintas sebagai bagian tidak terpisakan dari adat dan kebiasaan bepergian.

Ajakan ini disampaikan Kapolres Sikka, AKBP I Made Kusuma Jaya,S.IK melalui Kasat Lantas Iptu Hairul Hidayat, kepada wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini, ketika dikonfirmasi soal gencarnya tilang pada sejumlah ruas jalan dalam Kota Maumere setiap pagi dan sore.

Menurut Hairul, tertib berlalulintas adalah hal yang biasa jika masyarakat mau melakukan secara sadar, kerena jika msyarakat lalai akan berujung kematian. Sesuai hasil tilang di lapangan, ditemukan berbagai pelanggaran, antara lain, tidak menggunakan helm, tidak memasang plat nomor polisi, serta kaca spion, lampu dan resing. Pelanggaran jenis ini, sebut Hairul, dominan didapat dari anak-anak sekolah yang masih dibawah umur maupun para pemuda yang ugal-ugalan.

”Kami temukan di lapangan banyak anak-anak kita menggunakan sepeda motor dengan jenis pelanggaran seperti itu, apalagi yang paling fatal adalah tidak memiliki SIM. Untuk itu, kami mengajak masyarakat umumnya dan kususnya orangtua agar tolong tidak memberikan motor kepada anak dibawah umur dan senantiasa melengkapi aturan berlalu lintas,” imbuh Hairul.

Menjawabi pertanyaan wartawan soal keluhan masyarakat seputar tindakan penilangan di lapangan, Hairul menjelaskan, banyak masyarakat mendukung upaya Polres Sikka menertibkan arus lalu lintas di jalan umum ibukota Kabupaten Sikka. “Penertiban berlalulintas ini terus di lakukan baik melalui tindakan langsung di lapangan maupun melalui kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah. Ini tanggung jawab Polres Sikka dalam membangun pemahaman bersama tentang tertibnya berlalulintas sesuai amanah Undang-Undang berlalulintas di Republik Indonesia ini,” tegasnya.

Pantauan media ini, anggota satuan Polres Sikka unit Lakalantas setiap hari melakukan penjagaan di sejumlah ruas jalan Kota Maumere, baik pada pagi maupun sore hari mengingat aktivitas masyarakat saat itu sangat tinggi. (john dagomez)

Ket Foto : Satuan Lantas Polres Sikka sedang melakukan tilang dala Kota Maumere.