PLN Area Flores Barat Jamin Tidak Ada Pemadaman Saat Natal

by -106 views

Ende, mediantt.com – Manajemen PT  PLN (Pesero)  Area Flores Bagian Barat (FBB)  menjamin pasokan listrik pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru akan aman di wilayah kerjanya.
Di temui diruang kerjanya,Rabu (16/12), Asisten Manajer Pembangkit, Teguh Setyawan mengatakan, meski diakui di beberapa wilayah kabupaten dalam beberapa hari ini ada pemadaman bergilir akibat adanya gangguan pada mesin pembangkit serta gangguan jaringan, namun dia menjamin PLN akan berupaya pada Hari Raya kondisi listrik akan aman.
PT PLN (Pesero) Area flores Bagian Barat sendiri membawahi kabupaten Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat. Kata dia, pihak manajemen terus berupaya untuk memperbaiki jaringan dan mesin sehingga tidak akan mempengaruhi Hari Raya.
“Seperti di Bajawa, Ruteng, ada sedikit gangguan pada mesin dan gangguan jaringan beberapa waktu lalu. Beberapanya sudah kami atasi, mudah-mudahan Hari Raya nanti pasokan listrik bisa aman,” kata Teguh.
Menurutnya, kondisi akhir daya listrik yang ada di PLN Area Flores Bagian Barat, untuk kabupaten Ende sendiri hingga sekarang daya mampu listrik 11.593 KW, sementara beban malam 9.303 KW dan cadangan daya sebesar 2.289 KW.
“Ini dengan catatan  kalau Pembangkit Listrik Tenaga Uap Ropa beroperasi. Kami janji dengan daya sebanyak ini maka tidak akan ada pemadaman,” ujar Teguh.
Sementara untuk Bajawa sendiri, lanjut dia, daya mampu 5.500 KW dengan beban malam 5.300 KW dan cadangan 200 KW. Ia mengakui untuk  Bajawa masih ada gangguan mesin dua unit namun  kini tengah  diperbaiki sehingga aman saat perayaan Natal dan Tahun Baru.
“Kita sewa sekarang dua unit mesin dari CV ILS dan sekarang  mengalami gangguan dan kini tengah diperbaiki.mudah-mudahan satu minggu kedepan dua unit ini  sudah bisa beroperasi,” kata Teguh, dan menambahkan, mesin PLN yang  mengalami gangguan dan berharap Januari 2016 sudah bisa  masuk sistem lagi.
Untuk Ruteng sendiri, demikian Teguh, daya mampu sebesar 8.650 KW, sementara beban malam 8.602 KW, dengan cadangan 42 KW. “Kondisi ini juga kritis karena ada gangguan dua unit mesin, namun dipastikan Rabu (16/12) ini sudah bisa masuk jaringan,” katanya.
Untuk wilayah Manggarai Barat atau Labuan Bajo, kata dia,  daya mampu 3.950 KW sementara beban malam 3.920 KW dengan cadangan 30 KW. Kondisi ini juga kritis, mengingat  ada tiga unit mesin PLN mengalami gangguan.
“Materialnya sudah didatangkan sebanyak satu unit yakni kapasitas 150 KW. Kita harapkan  satu minggu ini sudah bisa masuk sistem,” kata Teguh lagi, Ia juga menjelaskan,  masih  ada satu unit mesin kapasitas 150 KW  yang mengalami gangguan kontrol unit Modul SC dirinya berharap  pada akhir tahun sudah bisa kembali masuk sistem.
Disamping dua gangguan tadi, ada juga satu unit sistem mengalami gangguan linear. Gangguan ini akan lama untuk bisa masuk sistem dan diharapakan pada akhir tahun sudah bisa masuk sistem.
Untuk Nagekeo khususnya di Mbay, kata Teguh, daya mampu yang dimiliki 2.260 KW dengan beban malam 2.260 KW, sementara cadangan daya 240 KW. “Banyak terjadi  gangguan jaringan menyebabkan back out petugas sudah kirim untuk melihat kondisi tersebut dan sekaligus untuk memperbaiki,” ujarnya.
Tegu berjanji PLN Area Flores Bagian Barat akan terus berupaya agar tidak terjadi pemadaman listrik khususnya saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Karena itu dalam sisa satu minggu ini pihaknya akan terus berupaya memperbaiki jaringan dan mesin yang rusak.
“Mudah-mudahan  pada Hari Raya bisa aman. Kita jamin dan upayakan untuk itu meski terkadang jaringan bermasalah karena gangguan alam tapi mudah-mudahan tidak terjadi,” kata Teguh. (ale)

Foto : Asisten Manajer Pembangkit PLN Area FBB, Teguh Setyawan