‘Menang’ Pilkada, Dira Tome Ajak Lawan Bangun Sabu Raijua

by -115 views

Kupang, mediantt.com – Sikap politik yang kesatria diperlihatkan Ir Marthen Dira Tome, yang populer dengan sapaan Ma Tade, peraih suara terbanyak Pilkada Sabu Raijua sesuai perhitungan suara KPU. Ia mendatangi para lawan atau rival politiknya dan mengajak mereka untuk bersinergi dalam kebersamaan membangun Sabu Raijua. Ia sendiri tidak pernah menganggap rival politik itu lawan, tapi sebagai teman dan keluarga. Atas perolehan suara terbanyak tersebut, meski belum diumumkan KPU, Sabtu (12/12) lalu, pasangan Marthen Dira Tome-Nikodemus RIhi Heke (Mandiri Jilid II), diarak keliling Kota Kupang oleh para simpatisan dan pendukungnya, setelah tiba dari Sabu.

Sesuai perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang sudah mencapai 100 persen, pasangan yang disebut Mandiri Jilid II itu memperoleh 23.912 suara atau 59,26 persen.
Meskipun demikian, KPU belum mengumumkan secara resmi pemenang Pilkada Kabupaten Sabu.
Tiba di Bandara El Tari Kupang, pasangan Mandiri Jilid II itu diarak menuju rumah Marthen di Kelurahan Oebufu. Sebelumnya, Marthen dan Nikodemus dan massa pendukungnya mengikuti ibadah di Gereja Bethel yang tidak jauh dari rumah Marthen.
Marthen mengaku senang dan bangga bisa memenangi Pilkada Kabupaten Sabu. Ia juga berterima kasih atas dukungan warga. “Saat ini kita memang belum sampai pada tahapan pengumuman pemenang, tapi dari perhitungannya sudah ada,” kata Marthen.
“Kami sudah minta pada semua simpatisan, baik yang mendukung maupun yang tidak mendukung kami, untuk tetap saja menunggu hingga saatnya KPU umumkan,” jelas Marthen.
Menurut Marthen, semua orang Sabu sudah bisa menerima semua konsekuensi bahwa ada yang kalah dan yang menang pada proses demokrasi.
Ma Tade mengaku sudah mengunjungi semua rivalnya dan mengajak semua pihak untuk membangun Kabupaten Sabu Raijua. “Pada dasarnya kami tidak akan pernah mengangap rival politik adalah lawan kami, tetapi merupakan teman dan keluarga,” kata Marthen.
Ia mengatakan, dengan kemenangannya ia akan melanjutkan visi dan misinya, yakni berfokus pada pembangunan sektor ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.
Pilkada Kabupaten Sabu, diikuti oleh tiga pasangan calon. Masing-masing, pasangan Marthen-Nikodemus, Thobias Uly-Yusuf Dominggus, dan Kirenius Buli-Yusuf A Alboneh.
Menurut penghitungan KPU, pasangan Marthen-Nikodemus meraup 23.912 suara atau 59,26 persen, Thobias-Dominggus 15.784 suara atau 39,11 persen, dan Kirenius-Yusuf memperoleh 658 suara atau 1,63 persen. (st/jdz)

Ket Foto : Calon Bupati Kabupaten Sabu Raijua peraih suara terbanyak Marthen Dira Tome bersama cawabup Niko Rihi Heke, memberikan keterangan pers di Bandara El Tari Kupang, Sabtu (12/12).