60 Warga Kelurahan Naimata Dapat Bantuan Rumah

by -92 views

Kupang, mediantt.com – Sedikitnya 60 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Naimata, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2015 dengan nilai anggaran Rp 600 juta. 60 KK itu terbagi di 17 Rukun Tetanggan (RT).

Lurah Naimata, Melianus Benngu, SH kepada wartawan, Senin (23/11/2015) mengatakan, ada 60 KK di Kelurahan Naimata yang tersebar di 17 RT, mendapatkan BSPS tahap pertama. Bantuan itu diperuntukan bagi mereka yang rumahnya dinilai tidak layak huni.

Ia menjelaskan, bantuan itu berupa dana sebesar Rp 10 juta untuk setiap KK. Sehingga total anggaran untuk 600 KK itu mencapai Rp 600 juta. Namun, bantuan itu langsung diberikan berupa bantuan mentah bahan untuk membangun rumah warga.

“Ada 60 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Naimata dapatkan bantuan untuk membangun rumah sebesar Rp 10 juta. Dari total anggaran Rp 600 juta. Anggaran itu dibagi untuk 60 KK, “ kata Benggu.

Dikatakan Benggu, 60 KK  yang mendapatkan bantuan itu terbagi di 17 RT untuk tahap pertama di tahun anggaran 2015 sebesar Rp 600 juta. Sebelumnya diusulkan 160 KK namun yang terealisasi sebanyak 60 KK. Sedangkan sisanya kemungkinan besar akan direalisasikan di tahun anggaran berikutnya.

Ditegaskan Benggu, bantuan itu tidak berupa dana secara tunai namun diberikan dengan cara bahan mentah untuk membangun rumah. Hal itu dilakukan untuk menghindari sikap masyarakat yang mana ditakutkan salah menggunakan dana sebesar Rp 10 juta sehingga rumah tidak dapat dibangun.

Ditegaskan Benggu, bantuan itu diberikan kepada masyarakat yang dianggap rumahnya tidak layak huni. Dimana, melalui tahapan yang cukup sulit. Melalui tahap wawancara, survey lokasi, kepemilikan tanah dan beberapa hasil survey lainnya sehingga 60 KK itu layak menerima bantuan tersebut.

Dirinya berharap, 60 KK yang mendapatkan bantuan tersebut dapat digunakan secara baik dengan menyelesaikan rumah yang hendak dibangun. Dan beberapa KK sudah mulai membangun dengan mengggunakan bantuan itu.

Lius Lette salah satu warga yang dikonfirmasi mengaku senang dengan apa yang diberikan pemerintah Kota Kupang melalui pemerintah Kelurahan Naimata. Untuk itu, dirinya akan menggunakan bantuan itu sebaik mungkin sehingga tujuan dari pemerintah dapat terwujud.

“Saya senang dengan apa yang diberikan pemerintah Kelurahan. Saya akan menggunakan bantuan itu dengan baik. Saat ini saya sudah mulai bangun dimana baru buat fondasi rumah, “ kata Lius. (che)

Foto : Ilustrasi

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments