KM Wihan Sejahtera Tenggelam Diduga Benturan dengan Bangkai Kapal

by -81 views

Ende, mediantt.com — Kapal Rool On-Roll Off (RoRo), KM Wihan Sejahtera, yang dinahkodai Kapten Asep Suartono, tenggelam di perairan sekitar Teluk Lamong, Senin (16/11) pagi. Insiden tersebut diduga kuat karena terjadi benturan dengan bangkai kapal.

Kepala Operasional PT Trimitra Samudra Cabang Ende, Simplisius Maralalu, mengungkapkan hal tersebut di ruang kerjanya, Selasa (17/11).
Ia membantah insiden tersebut akibat muatan yang terlalu melampaui. Padahal, muatan masih dibawah normal. “Ini bukan karena muatan. Data yang kami terima tidak seperti itu, karena masih dibawa normal,” katanya.
Maralalu menyebutkan, muatan trayek pada trip keenam kali ini tujuan Surabaya-Ende, truk besar (TB) sebanyak 43 buah, truk sedang (TS) 9 buah, kendaraan kecil (KK) sebanyak 9 buah dan jumlah penumpang sebanyak 212 termasuk kru kapal.
Sementara standar normal muatan kapal, TB 53, TS 9, KK sebanyak 25 dan kapasitas penumpang sebanyak 650 orang.
“Kalau informasi bilang pengaruh muatan itu tidak benar. Karena masih dibawah normal. Ini mungkin karena benturan bangkai kapal yang dibawa arus. Di area itu kan wilayah kapal besar berlayar.”Ujar dia.
Meski demikian tidak ada korban dalam insiden tersebut. Sebanyak 212 penumpang termasuk kru kapal berhasil dievakusi. Sementara barang penumpang tidak dapat terselamat.
“Info ini berdasarkan manifes yang diperoleh kami. Kami belum dapat informasi dari keluarga korban bahwa ada kelurga yang hilang. Semua sudah terselamatkan,” katanya.
Ia berharap masyarakat bisa mendapat informasi satu pintu agar tidak tercipta opini masing-masing. Masyarakat bisa datang ke posko informasi KM. Wihan Sejahtera di Ipi, Kelurahan Tetandara- Ende atau menghubungi ke nomor telepon (082236978475).
Salah seorang penumpang asal Nagekeo, Mathias Riwu, yang dihubungi mediantt.com, mengatakan, dirinya masih trauma dengan kejadian kemarin. Pasalnya, setelah satu jam pemberangkatan Kapal RoRo, terdengar bunyi gemuruh yang besar.
“Kami panik setelah dengar bunyi besar. Tidak lama kapal mulai miring. Kami langsung diberi pakayan pelampung dan mulai lompat ke laut,” katanya.
Menurutnya, banyak kapal motor yang datang mengevakuasi. Ada juga beberapa penumpang yang shock. “Saya takut sekali. Saya baru alami ini. Syukur kami bisa selamat. Kami semua langsung diantar dan istirahat di rumah sakit,” ujar Riwu. (ian bala)

Ket Foto : Posko informasi KM Wihan Sejahtera dengan alamat Ipi, Kelurahan Tetandara, Ende.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments