Bendungan Haekrit Mengering, Warga Atambua Pasrah

by -132 views

Kupang, mediantt.com — Bendungan Haekrit di Kabupaten Belu mulai mongering akibat kemarau yang berkepanjangan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Akibatnya, warga Kabupaten Belu mulai resah karena lahan pertanian milik warga yang ditanami mulai mengering karena kekurangan air.

Andreas Mau, salah satu warga Kabupaten Belu kepada wartawan, Selasa (10/11/2015) mengatakan, saat ini lahan pertanian yang ditanami dirinya dan warga yang lain mulai mengering akibat kekurang air.

Menurut Mau, kekurangan air yang dialami warga akibat dari menyusutnya air dari bendungan Haekrit. Bendungan Haekrit merupakan salah satu bendungan terbesar yang dimiliki Kabupaten Belu.

“Air di bendungan Haekrit mulai berkurang, makanya lahan yang kami tanam mulai mengering.  Batu-batu yang ada didasar bendungan mulai tampak, ini berarti sudah mulai krisis air,“ katanya.

Ia juga menjelaskan, dengan kondisi itu warga Kabupaten Belu hanya berharap hujan segera turun, agar seluruh tanaman yang sudah ditanam oleh warga termasuk dirinya dilahan milik mereka tidak mengalami kekeringan dan akhirnya bisa mati akibat kekeringan yang berkepanjangan.

Dikatakan, hampir secara keseluruhan warga Kabupaten Belu berharap pada tanaman yang ditanami. Sebab, warga Kabupaten Belu merupakan petani tulen. Jika, hal it uterus menerus terjadi, maka secara otomatis para petani mengalami gagal panen dan akan berdampak pada pendapatan petani.

Ditegaskan Mau, warga Kabupaten Belu selama ini bergantung pada sumber air yang berasal dari Bendungan Haekrit. Karena itu, ia berharap agar musim hujan segera tiba sehingga tidak berdampak pada tanaman para petani di Kabupaten Belu.

“Dengan kondisi itu secara otomatis kami warga Kabupaten Belu, harus mencari sumber air yang baru untuk sementara demi mengantisipasi kekeringan demi menjaga tanaman kami di lahan, “ katanya.

Ia menambahkan, kekeringan yang berkepanjangan itu dialami sejak Maret 2015. Hal ini sangat meresahkan masyarakat Kabupaten Belu karena secara otomatis warga Belu akan mengalami gagal panen. (che)

Foto: Bendungan Haekrit

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments