Dua Pelabuhan Baru di Waingapu Belum Difungsikan

by -100 views

Waingapu, mediantt.com – Setelah dibangun tahun lalu, dua pelabuhan baru di Kota Waingapu hingga saat ini belum difungsikan; apakah sebagai pelabuhan berlabuhnya kapal barang atau kapal penumpang.

“Dua pelabuhan baru di Kota Waingapu yang baru dikerjakan tahun lalu hingga saat ini belum dapat difungsikan sebagai pelabuhan kapal penumpang atau kapal cargo (barang),” kata pemerhati pelabuhan di Waingapu, Suhaidi kepada mediantt.com, Senin (2/11/2015) di pelabuhan baru Waingapu.

Ia mengatakan, seharusnya Pemkab Sumba Timur sudah dapat memfungsikan pelabuhan baru Waingapu sebagai tempat berlabuhnya kapal khusus, sehingga kapal-kapal yang berlabuh di Pelabuhan Waingapu sudah ditempatnya masing-masing dan teratur sesuai kapasitas dermaga. “Kita kan perlu bilang sama pemerintah daerah supaya pelabuhan ini diatur rapi sesuai dengan kebutuhan kapal. Jangan dermaganya untuk kapal cargo (barang), tapi yang merapat kapal penumpang. Ini kan amburadul,” kritik dia.

Petugas Pelabuhan Waingapu, Hermanus, ketika dikonfirmasi menjelaskan, penggunaan dua pelabuhan baru ini sampai saat ini belum ditetapkan sebagai pelabuhan tempat merapatnya kapal. “Sesuai informasi yang kami terima bahwa dua pelabuhan baru ini sudah jelas penggunaannya untuk berlabuhnya kapal cargo (barang) dan kapal penumpang,” katanya.

Karena itu, sebut dia, menurut rencana, dua pelabuhan baru ini, yang di sebelah barat untuk kapal cargo (barang), sedangkan yang di sebelah timur sebagai tempat sandarnya kapal penumpang. Namun, untuk kapal penumpang sepertinya belum bisa disandari kapal karena posisi lautnya masih dangkal. “Jadi harus dikeruk lagi sampai dalam, sedangkan untuk kapal cargo (barang) masih menunggu rekomendasi dari Perum Pelabuhan (Perumpel) Waingapu,” katanya. (budin)

Foto : Pelabuhan di Kota Waingapu yang baru dibangun.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments