Obama Akui RI Mitra Strategis AS di Asia Tenggara

by -31 views

JAKARTA — Presiden Amerika Serikat (AS) Presiden Barack Obama menyatakan Republik Indonesia (RI) adalah mitra strategis AS di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi di Kawasan Asia Tenggara.

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Presiden Obama mengakui peran peran signifikan Indonesia dalam menjaga tradisi toleransi dan sikap moderat dalam menjalankan kerukunan beragama.

“Kemitraan antara Indonesia dan AS penting bagi AS. Karena Indonesia merupakan negara berpenduduk terbesar yang memainkan peranan penting di Kawasan Asia Tenggara,” kata Presiden Obama saat memberikan keterangan pers bersama Presiden Jokowi di Gedung Putih, Washington DC, AS, pada Senin petang (26/10) waktu setempat atau Selasa (27/10) dini hari WIB.

Seperti dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet, Presiden Obama mengaku gembira menyambut kedatangan Presiden Jokowi beserta rombongan di Gedung Putih, yang dinilainya memberikan peluang yang baik untuk mempererat hubungan kedua negara demokrasi yang besar.

“Tentu saja, Indonesia merupakan negara penting di bidang perdagangan dan ekonomi. Kami sangat berminat untuk memperkuat hubungan kerja sama antara AS dan Indonesia,” jelas Presiden Obama.

Pada kesempatan itu, Presiden Obama secara terbuka mengaku memiliki kedekatan emosional dengan Indonesia.

“Tentu saja, saya pernah punya hubungan yang pribadi dengan Indonesia karena masa kecil saya berada di Indonesia. Saya memiliki hubungan kekerabatan di Indonesia,” kata Presiden Obama. (sp/id/jk)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments