Satu Abad Injil Masuk Probur Dirayakan April 2015

by -120 views

Probur, mediantt.com — Tanggal 1 April 2016, genap seratus tahun (satu abad) injil dan sekolah masuk ke wilayah Probur, Kecamatan Alor Barat Daya (Abad), Kabupaten Alor. Momentum seratus tahun injil dan pendidikan masuk Probur ini, rencananya akan ditandai dengan perayaan yang digelar April 2016. Saat ini, segala kesiapan menyambut perayaan seratus tahun mulai dibentuk termasuk kepanitiaan.

Panitia perayaan juga sudah ditabiskan dan diperhadapkan ke jemaat dalam kebaktian utama beberapa waktu lalu.

Ketua Klasis Abad, Pdt Adven Gomang,S.Th kepada mediantt.com, Senin (26/10/15) menjelaskan, momentum seratus tahun adalah sesuatu yang sangat penting. Karena itu, perayaan ini harus diisi dengan segala kegiatan yang penting juga bagi jemaat wilayah Probur. “Kalau lima puluh tahun kita bilang mas. Nah, ini seratus tahun berarti mas pung pigi lai,” ucapnya.

Pendeta Gomang menyebutkan, sejarah lahirnya pendidikan di Probur menyatu langsung dengan proses pemberitaan injil saat itu. Hingga saat ini, sekolah dan gereja sudah berkembang begitu lama. “Karena itu, momentum memperingati seratus tahun injil dan pendidikan masuk Probur, kita berharap perayaan ini diisi dengan kegiatan yang paling tidak akan mengarah bagaimana gereja dan pendidikan terus saling menopang. Guru bisa menopang pelayanan pendeta dan pendeta bisa menopang pelayanan guru,” tandasnya.

Gomag menjelaskan, perayaan memperingati seratus tahun ini bisa dirancang dalam bentuk tulisan sejarah lahirnya injil dan pendidikan masuk Probur. Menurut dia, sejarah ini dikemas dalam bentuk tulisan dengan bahasa yang sederhana, sehingga mudah dibaca. “Saya pernah lihat buku almarhum Ketua Sinode dengan judul Dipanggil untuk Kemerdekaan. Bukunya laris terjual, karena dikemas dengan bahasa sederhana,” katanya.

Ketua panitia perayaan injil dan pendidikan masuk Probur, Taruamang SD Bekak,S.Pd menyatakan, kegiatan ini merupakan panggilan Tuhan dan kepercayaan yang diberikan oleh Klasis Abad. Karena itu, panitia harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggungjawab.

Dia menjelaskan, segala biaya untuk kegiatan perayaan seratus tahun injil dan pendidikan masuk Probur ditanggung oleh seluruh jemaat diwilayah Klasis Abad. “Luas wilayah Probur mulai dari Kali Buaya sampai Kali Ihirgahal. Maka itu, seksi usaha dana segera merancang dimana pos-pos penerimaan. Seksi usaha dana juga segera komunikasikan warga Probur yang bekerja di luar wilayah Probur maupun di tanah rantau,” katannya.

Ia menyebutkan, dalam momentum ini, rencananya panitia juga akan menghadirkan Menteri Perdesaan RI dan Ketua Sinode NTT, Pdt Mery Kolimon. (joka)

Foto : Panitia perayaan 100 tahun injil masuk Probur.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments