Pantai Londa Lima, Obyek Wisata Yang Eksotis di Sumba Timur

by -206 views

Pantai ini terletak di Sumba Timur. Anda dapat memanjakan kaki di atas pasir pantai berbatu hitam kecil yang menjadi khas pantai di kawasan Sumba Timur.

Pantai Londa Lima merupakan tempat rekreasi yang ramai dikunjungi di Sumba bagian utara. Pantai ini berada di Desa Kutta, 15 km barat laut Kota Waingapu. Nama Londa Lima dalam Bahasa Sumba berarti bergandengan tangan atau beramai-ramai. Tempat ini mulai dijadikan sebagai obyek wisata sejak tahun 2001 atas inisiatif kepala desa yang saat itu baru saja dilantik bersama dengan masyarakat sekitar.

Dengan pasir putih dan laut yang tenang, pohon-pohon besar yang rindang di pinggir Pantai Londa Lima menjadikan pantai ini menjadi tempat favorit yang ramai dikunjungi saat musim liburan tiba. Warna air laut di pantai ini cukup unik karena pantainya landai lalu menukik tajam menjadi laut dalam diantara Sumba dan Flores. Selain warna air lautnya yang unik, ada juga pohon unik yang tumbuh di pantai ini. Pohonnya tidak berdaun, hanya berbunga merah menyala. Di pantai ini kamu bisa berenang, berjemur dan memancing.

Pada hari tertentu, Pantai Londa Lima dijadikan tempat diadakannya Hamayang, yaitu upacara adat Marapu.

“Lokasi wisata Londa Lima ini dibangun sejak tahun 2001dengan bergotong royong antara pemerintah desa dan masyarakat desa. Kami bersihkan semua pantainya yang dulunya adalah hutan, atas inisiatif pemerintah desa sehingga saat ini menjadi salah satu tempat rekreasi warga karena berdekatan dengan Waingapu,” tutur Kepala Desa Kutta, Jelas Umbu Hamba Pullu, kepada mediantt.com, Minggu (25/10/2015).

Ia mengatakan, untuk memasuki area tempat wisata Londa Lima, cukup dengan membayar Rp 5000/orang, dan anda bisa menikmati suasana pantainya yang eksotis dengan berenang dan memancing sambil berjemur. “Di sini saya suka pasir putihnya dan lautnya bersih dan indah. Kami berharap agar pantai Londa Lima selalu dijaga kebersihannya dan pemerintah daerah dapat memperhatikannya sebab ini adalah obyek wisata terbaik di Kota Wingapu,” kata Hamba Pullu.

Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu, anda bisa menuju Pantai Londa Lima menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari Kota Waingapu dengan waktu tempuh 20 menit. (budin)

Foto : Suasana di Pantai Londa Lima pada hari libur, selalu dipadati pengunjung.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments