DKP Sumba Timur Gencarkan Gerakan Makan Ikan

by -162 views

Waingapu, mediantt.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumba Timur saat ini sedang gencar memasyarakatkan gerakan makan ikan (Gemarikan). Ini dilakukan untuk akselerasi peningkatan konsumsi ikan kepada masyarakat dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecerdasan.

“Pencanangan Program Nasional ini melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ini dapat diartikan sebagai ajakan sekaligus himbauan dari pemerintah kepada aparatur, perusahan perikanan, asosiasi perikanan terkait, pelaku pasar sampai dengan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan konsumsi ikan,” kata Kepala KKP Sumba Timur, Maxon Pekuwali kepada mediantt.com di ruang kerjanya, Jumat (23/10/2015).

Menurut dia, konsumsi ikan dijadikan gerakan nasional karena saat ini perkembangan ilmu pengetahuan telah membuka kesadaran akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Untuk itu, ikan adalah makanan bergizi tinggi, natural, aman dan menyehatkan, sehingga menjadi trend masyarakat di banyak negara maju.

“Kalau mau dilihat, NTT dan Sumba Timur merupakan propinsi dan kabupaten kepulauan dengan sumber daya ikan yang besar. Ini sangat berpeluang besar untuk membawa masyarakat untuk memilih mengkonsumsi ikan,” katanya.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumba Timur, Ny. Rambu K Yani Mbilijora, mengatakan, upaya meningkatkan gizi masyarakat serta minat untuk mengkonsumsi ikan perlu terus dilakukan melalui berbagai kegiatan, sehingga ikan diharapkan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola dan budaya konsumsi masyarakat. Kata dia, peningkatan konsumsi ikan tidak dapat dilakukan secara parsial dan sporadis, akan tetapi memerlukan suatu langkah yang berkesinambungan

“Harapan saya melalui pencanangan yang dilakukan secara nasional dapat terus diimplementasikan secara terus-menerus, terkonsep dan terintegrasi serta melibatkan seluruh komponen baik pemerintah maupun swasta, LSM, lembaga agama, pelaku usaha dan masyarakat, sehingga menjadi gerakan nasional. Ini mampu membangun kesadaran seluruh elemen terkait untuk memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menentukan menu makanan keluarga,” tegasnya. (budi)

Foto : Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumba Timur, Maxon Pekuwali.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments