Pra Peradilan Ditolak, Kejati NTT Tangkap Lima Tersangka

by -19 views

Kupang, mediantt.com — Pengadilan Negeri (PN) Klas I A Kupang, Selasa (20/10/2015), menolak gugatan pra peradilan dari lima orang panitia PHO, yakni Ir. Noer Suwartina,  Adi Nugraha Suryadi, S.Ip, Berman Banjarnahor, S.E; Dra. Sofiyah dan Slamet Maryoto, ST, yang kini sebagai pegawai pada Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal (PDT). Mereka adalah tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan dua dermaga di Kabupaten Alor dan Flores Timur tahun 2014 senilai Rp 43 miliar.

Beny Eko Supryadi, selaku hakim tunggal yang memimpin jalannya persidangan pra peradilan antara lima tersangka yang merupakan PHO dan Kejati NTT ditolak oleh hakim.

Menurut hakim, dasar penolakan atas pra peradilan yang diajukan pemohon terhadap termohon, yakni proses penetapan tersangka kepada lima orang pemohon pra peradilan sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedural (SOP) yang ada di Kejati NTT.

Selain itu, kata hakim, proses penyilidikan yang dilakukan oleh Kejati NTT sudah sesuai pula dengan SOP. Untuk itu, pra peradilan yang diajukan oleh pemohon ditolak secara keseluruhan.

“Proses penetapan tersangka oleh termohon kepada pemohon sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedural (SOP) sehingga permohonan pra peradilan oleh pemohon ditolak secara keseluruhan, “ kata hakim.

Kajati NTT, John W. Purba, SH, MH ketika dikonfirmasi di Kejati NTT soal ditolaknya pra peradilan para pemohon, menegaskan, dengan ditolaknya pra peradilan para pemohon, proses penyilidikan yang dilakukan oleh Kejati NTT terus dilakukan.

“Dengan ditolaknya pra peradilan para pemohon oleh hakim, Kejati NTT akan menerbitkan surat panggilan untuk kelima tersangka untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim penyidik Kejati NTT,” tegas Purba.

Namun, lanjut dia, jika para tersangka juga tidak memenuhi panggilan Kejati NTT untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka, maka akan ditangkap. Pasalnya, kelima tersangka sudah mangkir sebanyak empat kali dari panggilan tim penyidik Kejati NTT.

“Karena pra peradilannya sudah ditolak hakim, surat panggilan akan diterbitkan untuk dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka. Tapi jika masih juga mangkir maka akan langsung ditangkap, “ tegas Purba. (che)

Foto: John W. Purba, SH, MH.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments