Ende Tuan Rumah El Tari Memorial Cup Tahun 2017

by -85 views

Maumere, mediantt.com — Ini kabar gembira bagi maniak dan penggila bola di Kabupaten Ende. Tahun 2017, turnamen dua tahunan El Tari Memorial Cup ke-XXVII akan digelar di Ende. Hal ini disampaikan Sekertaris Aspor PSSI NTT, Lambertus Tukan, saat Technical Meeting di Aula Sekda Sikka, Senin (19/10/2015). Menurut Lambert, pelaksanaan turnamen sepakbola tertua di NTT ini pun dipastikan berlangsung di bulan Oktober. “Mengapa ini diputuskan dua tahun sebelumnya, agar tuan rumah jauh-jauh hari bisa mempersiapkan diri dan mengalokasikan dana. Artinya, pemerintah dan dewan bisa mengalokasikan anggaran untuk pembangunan stadion maupun fasilitas lainnya karena tak bisa dipungkiri semuanya itu pasti memakai dana APBD,” kata Lambert.

Lambert juga meminta agar PSSI asosiasi kabupaten dan kota segera membentuk kepengurusan baru bila sudah habis masa tugasnya dan melaporkannya ke Asprov PSSI NTT.Banyak yang sudah terbentuk tapi tidak lapor jadi pihaknya belum mengakuinya. Untuk itu, kata Lambert, dirinya sekali lagi menghimbau agar secepatnya membentuk kepengurusan karena jika menghadiri turnamen resmi maka pengurusnya sudah harus terbentuk dan terdaftar.

“Pengurus yang sudah demisioner tidak boleh ikut hadir di turnamen resmi sepakbola.Kami membangun kesadaran bukan memberi hukuman. Banyak orang yang omong banyak tapi tidak bekerja,” tegasnya.

Ditanya soal permintaan peserta agar uang tiket pertandingan 10 persen diberikan kepada team yang bertanding dan jangan hanya masuk ke kantong panitia, Lambert menuturkan, Asprov PSSI NTT juga tidak mengambilnya dan memberikannya kepada panitia.Tapi hal ini akan dibicarakan dengan pantia karena uang ini juga nantinya akan diberikan kepada kontingen untuk menambah uang saku dan merangsang mereka untuk berpartisipasi lebih baik.

Disaksikan mediantt.com, para peserta juga mengkritik kerja panitia yang masih banyak kekurangan, Mereka meminta agar panitia menyiapkan bus antar jemput. Peserta juga meminta agar pertandingan bisa digelar pagi hari juga agar bisa mempersingkat waktu pertandingan, namun Lambert mengatakan, jadwal sudah disesuaikan, dimana setiap kesebelasan akan bertanding sekali sehari dan beristirahat satu hari.

Junjung Sportifitas

Meski terlambat tiba di lokasi Technical Meeting, Wakil Bupati Sikka, Paulus Nong Susar, dihadapan panitia, ofisial dan ketua kontingen kesebelasan dari 17 kabupaten/kota yang mengikuti ETMC di Maumere, meminta agar pagelaran ETMC ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh setiap kesebelasan untuk mendapatkan bibit-bibit pemain yang berkualitas untuk bisa berkompetisi di tingkat nasional bahkan internasional. “Saya berharap agar setiap team tetap menjunjung sportifitas dan menjaga kebersamaan sebagai sesama warga Flobamora. Turnamen ini bukan saja menjadi ajang sepakbola tapi ajang bagi masyarakat Flobamora bertemu membangun sportifitas, solidaritas dan kebersamaan membangun Flobamora agar tetap jaya,” tegasnya.

Sekertaris Asosiasi Provinsi PSSI NTT, Lambertus Tukan, juga meminta agar para pengurus, pelatih dan pemain jangan melakukan keributan dan bisa menjunjung tinggi sportifitas. Wasit pun, kata dia, telah diseleksi dan mereka juga diinstruksikan menjalankan tugas dengan baik dan tidak memihak salah satu kesebelasan. “Jagalah harkat, martabat dan kehormatan pemain. Jangan sampai ada perkelahian,” harap dia.

Menurut Lambert, keputusan wasit selama pertandingan itu sah dan mengikat serta tidak bisa dianulir. “Kebersamaan dan persaudaraan jauh lebih penting, prestasi juara itu dampaknya saja. Wasit punya lisensi jelas dan sebagai manusia mereka juga tentunya punya kekurangan. Jaga jangan sampai terjadi keributan karena biasanya keributan awalnya berasal dari pelatih,” tegasnya, mengingatkan.

Lambert juga meminta wasit agar tidak takut bersikap tegas. “Kalau ada kata-kata kasar dan makian kepada wasit dan pengawas pertandingan, wasit harus memberikan kartu merah. Aparat keamanan pun diminta untuk masuk ke lapangan guna menangkap dan membawa keluar pelaku kerusuhan,” katanya. (ebed)

Ket Foto : Wakil Bupati Sikka, Drs. Paolus Nong Susar (kedua kiri) saat membuka Technical Meeting El Tari Memorial Cup ke XXVII di Aula Sekda Sikka, Senin (19/10).

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments