Pengelolaan Dana Desa di Tude Diduga Tak Sesuai Juknis dan RAB

by -134 views

Kalabahi, mediantt.com — Pemerintah Pusat (Pempus) telah mengalokasikan dana Rp 1,2 miliar ke setiap desa, yang disebut dana desa. Tujuannya, tentu mendukung serta memotivasi aparat desa dalam melaksanakan fungsi pelayanan pembangunan kemasyarakatan di desa.

Di Kabupaten Alor, para aparat desa mulai gencar melakukan pencairan dana desa tahap pertama untuk dikelola sejumlah item kegiatan yang diangkat dalam musyawarah pembangunan (Musrenbang). Sesuai arahan Pemerintah Daerah dalam hal BPMPD, penggunaan dana desa harus sesuai Juknis dan RAB, agar tidak celaka jika nantinya terdapat temuan penyelewengan tim auditor.

Di Desa Tude, Kecamatan Pantar Tengah (Panteng), Kepala Desa (Kades) Moris Mauribu diduga mengelola dana desa tidak sesuai Juknis dan RAB. Kades Mauribu juga tidak pernah mensosialisasikan Juknis pengelolaan dana desa kepada masyarakat. “Kades tidak pernah sosialisasi kepada masyarakat tentang pengelolaan dana desa. Kades juga diduga kelola dana desa tahap pertama tidak sesuai RAB,” tandas Ketua Dusun I Desa Tude, Aris Well kepada mediantt.com, Selasa (22/9/2015).

Menurut Aris Well, Kades Mauribu sudah mencairkan dana desa tahap pertama senilai Rp 280 juta. Namun, dana itu hanya dikelola dua item kegiatan yakni, pembangunan rabat jalan dan pembukaan jalan ekonomi. Dia juga menyebutkan, dana desa tahap pertama yang dikelola untuk dua item kegiatan itu bukan hasil Musrenbang. “Pengelolaan dana desa itu tidak sesuai hasil Musrenbang. Waktu Musrenbang itu kami usul kegiatan lain, tetapi sekarang pelaksanaannya lain, ini ada apa,” kata Well, bertanya.

Tidak saja itu, Aris Well juga menduga, ada penyelewengan pengelolaan dana desa. Sebab, pengadaan bahan untuk pembangunan dua item kegiatan itu tidak sesuai RAB. Karena itu, ia meminta tim auditor agar segera mengaudit penggunaan dana Desa di Desa Tude.

Kades Tude Moris Mauribu hingga berita ini tayang belum berhasil dikonfirmasi. (joka)

Foto : Ketua Dusun I Desa Tude, Aris Well.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments