Labuan Bajo Masuk 10 Lokasi Pariwisata untuk Dikembangkan

by -66 views

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengumpulkan tiga menteri untuk membahas rencana pengembangan 10 lokasi pariwisata di kantornya di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta, Senin (14/9).

10 lokasi pariwisata itu yakni Danau Toba (Sumatera Utara), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Bromo (Jawa Timur), Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Morotai (Maluku), Yogyakarta, Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Belitung (Bangka Belitung) dan Tanjung Lesung (Banten).

Ke tiga menteri itu yakni Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi.

“Rapat ini penting kaitannya dengan pariwisata karena esensinya kami ingin betul-betul meningkatkan jumlah turis yang masuk ke Indonesia yang sekarang hanya 10 juta orang menjadi 20 juta dalam lima tahun,” kata Rizal dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid itu menuturkan, dengan mengembangkan pariwisata, maka akan mendorong penciptaan tenaga kerja di bidang itu dari 3 juta orang menjadi 7 juta orang dalam lima tahun.

Menurut dia, sektor pariwisata paling mudah dam murah dalam penciptaan tenaga kerja.

“Hanya butuh 3.000 dolar AS per pekerjaan. Kalau sektor lain itu bisa 50.000 dolar AS hingga 100.000 dolar per ‘job’,” katanya.

Pengembangan sektor pariwisata, lanjut Rizal, juga efektif untuk meningkatkan devisa yang ditargetkan mencapai 20 miliar dolar AS per tahun dalam lima tahun ke depan.

Ada pun devisa pariwisata yang diraup saat ini baru sekitar 10 miliar dolar AS.

“Kalau dibandingkan dengan pendapatan devisa di negara-negara Eropa Selatan, seperti Italia, Yunani, Spanyol, Turki, pendapatan devisa kita masih relatif kecil,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Rizal, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi mulai dari menambah negara penerima fasilitas bebas visa untuk masuk ke Indonesia serta mengembangkan 222 kawasan pengembangan pariwisata nasional (KPPN).

“Tapi tadi rapat, kami putuskan akan fokus dulu di 10 lokasi wisata yang paling potensial untuk meningkatkan jumlah turis,” katanya. (ant/jdz)

Foto : Pemandangan laut di Labuan Bajo.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments