Puluhan Senjata Api Disita di Perbatasan RI-Timor Leste

by -19 views

Kefamenanu, mediantt.com – Puluhan senjata api berbagai jenis milik warga eks Timor Timur (Timtim) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), diamankan oleh anggota TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Yonif 744/SYB, Sektor Barat.
“Senjata api yang disita tersebut yakni jenis mouser buatan Jerman satu pucuk, dan 45 pucuk senjata api aktif jenis springfield buatan Amerika, 9 pucuk senjata api rakitan laras pendek dan 2 pucuk senjata api laras panjang. Total semuanya berjumlah 57 pucuk,” ujar Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB, Sektor Barat, Letnan Kolonel Yudi Gumilar, Selasa (8/9/2015).
Selain itu, lanjut Yudi, pihaknya juga mengamankan ratusan amunisi yakni 73 butir amunisi jenis mouser kaliber 7,9 milimeter (mm), 16 butir SKS kaliber 7,62 mm, 21 butir AK kaliber 7,62 mm, 28 butir M 16 A1 kaliber 5,56 mm, 4 butir pistol revolver caliber 9 mm, 3 butir pistol caliber 2,2 mm dan 1 butir pistol caliber 1,1 mm.
Yudi juga mengaku kalau pihaknya juga berhasil mengagalkan penyelundupan pupuk dan bahan bakar minyak (BBM) dari Indonesia ke Timor Leste. Adapun barang bukti yang berhasil disita yakni 250 kilogram pupuk urea, bensin 120 liter, solar 145 liter dan minyak tanah sebanyak 40 liter.
“Semuanya kita berhasil amankan berkat pendekatan melalui bakti sosial dan komunikasi antar anggota TNI dan masyarakat di wilayah perbatasan selama sembilan bulan kami bertugas di perbatasan,” tutur Yudi.
Puluhan pucuk senjata api, amunisi, pupuk serta BBM yang sudah diamankan ini, lanjut Yudi, akan diregistrasi kemudian diserahkan ke markas Komando Resor Militer 161 Wirasakti Kupang, sebagai barang bukti untuk kemudian ditindaklanjuti.
“Untuk diketahui bahwa tugas yang kami laksanakan ini tujuannya yakni untuk mencegah daerah perbatasan agar tidak menjadi basis perlawanan. Berkat kerja keras teritorial, kami bersama masyarakat akhirnya mengumpulkan sejumlah senjata, amunisi dan bahan peledak yang diserahkan secara sukarela oleh warga di Kabupaten TTU yang berbatasan dengan Distrik Oekusi Timor Leste,” kata Yudi.
Yudi pun berharap, warga yang masih menyimpan senjata api segera menyerahkan senjata api tersebut kepada TNI. (kompas.com)

Ket Foto : Puluhan senjata api dan amunisi milik warga eks Timor Timur diamankan oleh TNI dari Satgas Pamtas Yonif 744 di Kefamenanu, Timor Tengah Utara (TTU), NTT .

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments