Mendagri Pastikan Unipa Naik Status Jadi Negeri

by -50 views

Maumere, mediantt.com — Kongres GMNI di Maumere, Sikka, memberi harapan bagi masyarakat Sikka, yang merindukan agar Universtas Nusa Nipa (Unipa), naik status menjadi universitas negeri. Kerinduan ini bakal terealisasi. Sebab, Mendagri Tjahyo Kumolo, yang mewakili Presiden Joko Widodo, membuka hajatan itu, memberi jaminan kepastian bahwa Unipa bakal dinegerikan.

Mendagri mengatakan, apa yang diinginkan oleh masyarakat Kabupaten Sikka akan dikabulkan, karena untuk daratan Flores pada dasarnya belum memiliki universitas negeri.

“Unipa pasti menjadi universitas negeri sesuai dengan cita-cita masyarakat. Penting memang pendidikan, karena pendidikan merupakan bagian penting dari kemaslahatan kehidup bangsa. Saya akan sampaikan ini kepada Pak Presiden,” kata Mendagri.

Pernyataan Mendagri itu, sebagai jawaban atas aspirasi yang berkembang selama kongres GMNI, pekan lalu. Para alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) satu suara meminta kepada presiden melalui mendagri Tjahjo Kumolo agar Unipa Maumere dialihkan statusnya menjadi Universitas Negeri.

Alumni GMNI yang juga Ketua Perhimpunan Alumni (GMNI) se-Indonesia, Ahmad Baskara, menuturkan, masyarakat Sikka merindukan Unipa menjadi universitas negeri pertama di daratan Flores.

“Saat ini kita menggunakan kampus ini sebagai tempat berkonggres, kampus ini telah berjasa untuk kongres ini, jadi jangan pernah melupakan sejarah ini dengan bersama memperjuangkan impian masyarakat Sikka,” tegasnya

Hal senada disampaikan Ketua Presidium GMNI, Twedy Noviady. Ia juga meminta kepada pemerintah pusat agar menjadikan Unipa sebagai Universitas Negri. “Saya dapat informasi dari masyrakat sekitar bahwa mereka menginginkan kampus negeri,” tuturnya.

Sementara itu. Pendiri GMNI Cabang Kupang, Frans Lebu Raya, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur NTT, juga meminta kepada Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo yang hadir mewakili Presiden untuk menyampaikan aspirasi rakyat Sikka yang menginginkan Universitas Negeri.

“Saya juga dapatan bisikan dari Ketua Yayasan Nusa Nipa, Sabino Nabo juga merindukan Unipa ini menjadi Universitas Negeri. Jadi kebetulan Pak Menteri ada, tolong sampai keinginan kami,” ujarnya. (*/jdz)

Foto : Mendagri, Tjahyo Kumolo.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments