Akibat El Nino, Kota Kupang Masuk Zona Krisis Air Bersih

by -132 views

Kupang, mediantt.com — Kota Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, mulai memasuki zona krisis air bersih. Hal ini akibat kemarau panjang yang menerpa seluruh wilayah provinsi kepulauan itu, yang dipengaruhi El Nino.

“Kita sudah identifikasi ada 73 titik di 18 kelurahan pada lima kecamatan daerah yang sudah masuk zona krisis air bersih,” kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kupang Noldy Mumu, di Kupang, Selasa (1/9/2015).

Hasil identifikasi petugas lapangan akan disampaikan secara kelembagaan kepada sejumlah instansi teknis terkait untuk segera mendapatkan jalan keluar penanganan. Hal ini agar pemenuhan kebutuhan akan air bersih bagi warga tetap terus ada.

Pemerintah Kota Kupang, menurut Noldy, akan memempersiapkan sejumlah skenario penanganan dan pelayanan air bersih kepada seluruh warga, jika terjadi kondisi krisis. Jika memang dalam posisi tertentu, warga di 73 titik itu tidak lagi bisa telayani air bersih dari pipa sumber air milik PDAM Kota Kupang dan kehabisan stok penyimpanan, maka PDAM akan melakukan pengiriman air dengan tangki yang diperoleh dari sejumlah instansi di Pemerintah Kota Kupang.

Hal yang sama juga dilakukan jika kondisi stok dan debit air di 17 sumber air baku milik PDAM Kota Kupang, menurun hingga di bawah 50 persen dari debit dan titik normal.

“Jika kondisi itu terjadi, maka praktis suplai air dari sumber air baku ke pipa distribusi rumah warga tidak bisa terjadi. Untuk itulah perlu dilakukan bantuan tangki,” katanya.

Langkah yang sedang dipersiapkan PDAM Kota Kupang ini, akan juga dikoordinasikan dengan instansi lainnya lingkup Pemkot Kupang, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pertamanan, Kantor Pemadam Kebakaran dan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD).

“Kita sudah sediakan delapan tangki dari sejumlah instansi itu dan siap kita suplai ke masyarakat yang teridentifikasi mengalami krisis yang sangat parah,” katanya.

Dia mengaku, masih sedang menerjunkan tim untuk melakukan sejumlah survei dan pantauan lapangan terhadap kondisi ketersediaan stok, dan pemenuhan kebutuhan air di warga pelanggan. (ant/jk)

Ket Foto : Warga antre untuk mendapatkan air bersih akibat kekeringan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *